Kesehatan

5 Cara Efektif Mengatasi Ngantuk di area Siang Hari pada waktu Puasa

Liputan76 – JAKARTA – Mengatasi rasa ngantuk di area siang hari pada waktu puasa mampu menjadi tantangan. Terutama ketika tubuh mengalami inovasi pola makan dan juga aktivitas selama bulan Ramadan sehingga mempengaruhi kegiatan sehari-hari.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, dr. Caleb Leonardo Halim, Sp.K.O membagikan cara efektif mengatasi ngantuk pada waktu puasa . Hal pertama yang dimaksud perlu dilaksanakan adalah mendapatkan tidur yang mana cukup pada waktu malam hari sebelumnya.

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko ngantuk selama berpuasa. Usahakan untuk tidur tambahan awal serta bangun tambahan awal agar Anda merasa lebih besar segar pada waktu sahur.

“Bagi teman-teman yang dimaksud menjalankan ibadah puasa, salah satu permasalahan yang dialami adalah mengantuk. Ada beberapa tips yang mana teman-teman mampu lakukan,” kata dr. Caleb dikutipkan dari akun Instagram pribadinya, @doc.calebspko, Hari Jumat (15/3/2024).

“Yang pertama adalah tidur yang cukup. 7-9 jam pada di malam hari hari. Tidak ada yang dimaksud bisa jadi menggantikan tidur yang tersebut cukup. Tidur yang dimaksud cukup ini penting banget,” sambungnya.

Selanjutnya, pastikan tidak ada melewatkan sahur agar tiada lemas juga mengantuk. Pilihlah makanan yang digunakan mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, juga vitamin serta mineral yang digunakan dibutuhkan tubuh selama sahur serta berbuka puasa.

Hindari makanan berlemak tinggi juga berat yang dimaksud dapat menciptakan Anda merasa lebih lanjut ngantuk setelahnya. “Yang kedua adalah ketika sahur pada pagi hari pastikan makan yang dimaksud cukup. Nah, karbohidrat kompleks ini sangat penting,” jelasnya.

“Seperti misalnya jagung, kentang, oat. Jangan cuma yang mana karbohidrat simpel aja lalu pastikan ada cukup protein,” lanjutnya.

Related Articles

Back to top button