Lifestyle

5 Fakta Jam Tangan Kayu Gibran Rakabuming pada Debat Keempat Pilpres, Ternyata Barang Lokal Bandung

Liputan76 – Jam tangan Gibran Rakabuming Raka ketika debat keempat Pilpres 2024 pada Akhir Pekan (21/1/2024) waktu malam kembali menarik perhatian. Sebab Gibran Rakabuming terlihat memakai jam tangan kayu dengan model yang tersebut ciamik.

Menurut penelusuran, jam tangan kayu yang tersebut dipakai Gibran Rakabuming merupakan komoditas lokal karya anak bangsa. Jam yang disebutkan pun memiliki filosofi menarik di tempat balik desainnya yang mana menawan.

Penasaran dengan detail jam tangan Gibran Rakabuming? Simak selengkapnya melalui fakta jam tangan kayu Gibran Rakabuming yang dimaksud dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Barang Lokal

Seperti disebutkan sebelumnya, jam tangan kayu Gibran Rakabuming merupakan merek jam tangan lokal. Suami Selvi Ananda itu memilih koleksi jam tangan dari merek selama Bandung, Jawa Barat bernama PALA Nusantara.

Menurut website eksekutif Perkotaan Bandung, PALA Nusantara didirikan oleh Ilham Pinastiko pada tahun 2017. direktur utama PALA Nusantara itu mendapatkan inspirasi dari perjalanannya ke beberapa pulau dalam Indonesia pada 2015.

Nama PALA sendiri diambil dari nama buah pala di dalam Maluku. Di mana buah ini sangat diburu oleh bangsa Eropa pada beratus-ratus tahun lalu.

2. Terinspirasi dari Ikan Arwana

Menurut penelusuran Suara.com, jam tangan PALA Nusantara yang dipakai Gibran adalah PALA Arwana. Sesuai namanya, jam tangan seri ini terinspirasi dari ikan arwana.

Bentuknya yang mana beraneka ragam menjadi daya tarik untuk mengoleksi ikan Arwana sebagai simbol kemakmuran. PALA mengadopsi semua keunikan fauna ini ke pada item kami, PALA Arwana,” bunyi keterangan PALA Nusantara di website reseminya.

3. Dibuat dari Bahan Kayu Maple dan juga Kulit Kerbau

Salah satu keunggulan komoditas PALA Nusantara terletak pada perpaduan material yang digunakan digunakan untuk jam tangan mereka. Ada yang tersebut terbuat dari kuningan, kayu, tembaga, juga barang upcycle dari limbah.

“Inovasi komoditas yang jadi sorotan pada tahun ini adalah item yang mana dari limbah dikarenakan kita menciptakan komoditas dari puntung rokok, ampas kopi, lalu dari bioresin,” kata Ilham Pinastiko dikutipkan dari website otoritas Daerah Perkotaan Bandung.

Jam tangan PALA Arwana yang dimaksud dipakai oleh Gibran Rakabuming sendiri terbuat dari kayu maple. Bahan ini digunakan untuk menimbulkan body jam tangan. Sementara strap-nya dibuat dari materi epidermis kerbau.

4. Ada Garansi Resminya

Jam tangan PALA Nusantara juga dilindungi garansi selama satu tahun. Pembeli jam tangan ini juga akan mendapat garansi perawatan selama enam bulan dengan persyaratan tertentu, salah satunya kerusakaan terjadi lantaran kecacatan produksi, tidak kesalahan pengguna.

5. Harganya Terjangkau

Jam tangan PALA Arwana seperti yang dipakai Gibran Rakabuming dijual dengan nilai tukar normal Rp899 ribu. Tapi sekarang PALA sedang menawarkan diskon, jadi harganya turun menjadi Rp674 ribuan.

Harga jam tangan PALA Nusantara sendiri cukup terjangkau. Menurut website resminya, nilai tukar jam tangan PALA Nusantara berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp2,4 jutaan.

Demikian beberapa fakta tentang jam tangan yang dimaksud dipakai Gibran Rakabuming ketika debat kedua cawapres. Bagaimana pendapatmu?

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button