Kesehatan

5 Simptom Ambeien Stadium 4, seperti yang tersebut Diderita Artis Sandra Dewi

Liputan76 – JAKARTA – Artis cantik Sandra Dewi diketahui menjalani operasi ambeien alias wasir. Rupanya, ibu dua anak itu menderita penyakit ambeien stadium 4. Akibatnya, Sandra Dewi harus menjalani pemulihan pada rumah sakit.

Lantas, apa ciri atau gejala ambeien stadium 4 ini? Berikut penjelasannya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis, (14/3/2024).

Ambeien stadium 4 merupakan ambeien dengan tingkat keparahan tertinggi. Pada stadium ini penderita bukanlah hanya saja sekadar merasakan rasa sakit pada sekitar benjolan ambeien, tetapi juga mengalami keluhan seperti gatal, sembelit, dan juga BAB berdarah.

Pada stadium ini penderita juga biasanya mengalami perdarahan hebat sehingga berisiko mengalami penyakit komplikasi ambeien yang tersebut berbahaya lainnya. Sehingga penderita harus segera melakukan tindakan medis seperti operasi.

Gejala ambeien alias wasir

1. Perdarahan parah
Penderita ambeien stadium 4 banyak mengalami pendarahan yang tersebut cukup berat, yang digunakan dapat terjadi selama buang air besar atau bahkan secara spontan tanpa ada rangsangan.

2. Prolaps
Prolaps adalah kondisi ketika benjolan ambeien pergi dari dari anus lalu bukan dapat masuk kembali. Penderita stadium 4 kerap mengalami prolaps secara permanen.

3. Nyeri
Penderita akan merasakan nyeri hebat di tempat sekitar anus dan juga rektum, bahkan ketika tiada sedang buang air besar.

4. Sulit buang air besar
Ambeien stadium 4 dapat menyebabkan kesulitan pada buang air besar kemudian seringkali disertai dengan perasaan bahwa rektum tidak ada sepenuhnya kosong.

5. Infeksi
Prolaps ambeien dapat menyebabkan risiko tinggi untuk terjadinya infeksi, yang digunakan dapat memperburuk kondisi penderita.

Related Articles

Back to top button