Kesehatan

5 Manfaat Tomat, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

Liputan76 – JAKARTA – Tomat merupakan salah satu sayuran yang digunakan rutin dikonsumsi masyarakat. Siapa sangka, tomat dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada sedang musim pancaroba seperti sekarang ini.

Tidak itu saja, tomat miliki segudang manfaat. Dilansir WebMD juga Healthline pada Hari Sabtu (30/12/2023), berikut ulasannya.

Manfaat Tomat

1. Melawan Radikal Bebas

Tomat kaya akan zat yang dimaksud disebut likopen. Ini adalah memberi merekan warna merah cerah dan juga membantu melindungi merekan dari sinar ultraviolet matahari. Likopen adalah penangkal radikal serta berguna untuk melawan molekul yang tersebut disebut radikal bebas yang dimaksud dapat merusak sel kemudian mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda.

Makanan tinggi likopen, seperti tomat, dapat menurunkan kemungkinan Anda terkena karsinoma paru-paru, perut, atau prostat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa merekan kemungkinan besar membantu menjaga dari penyakit pada pankreas, usus besar, tenggorokan, mulut, payudara, lalu leher rahim.

2. Meredakan Peradangan

Tomat juga bermanfaat untuk meredakan peradangan lalu meningkatkan kekebalan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa tomat dapat meredakan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol. Tomat juga menjaga dari pembekuan darah hingga membantu mengurangi stroke.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar steroid yang mana stabil tentu akan berdampak baik bagi kesehatan. Nah, tomat ini dapat membantu menurunkan kadar steroid di darah.

Kandungan likopen pada tomat dapat membantu menurunkan kadar LDL, atau steroid jahat juga tekanan darah Anda. Nutrisi lain pada tomat, seperti vitamin B serta E juga radikal bebas yang dimaksud disebut flavonoid, juga dapat meningkatkan kondisi tubuh jantung Anda.

4. Baik untuk Pencernaan

Tomat merupakan sumber serat yang tersebut baik juga tentu akan bermanfaat pada sistem pencernaan Anda. Pencernaan yang tersebut baik tentu akan berdampak pada imunitas yang digunakan kuat.

Tomat segarjuga rendah karbohidrat. Kandungan karbohidratnya sebagian besar terdiri dari gula mudah serta serat tiada larut.

5. Kaya akan Vitamin

Satu lagi khasiat tomat yang dimaksud sanggup tingkatkan imunitas adalah kaya akan vitamin. Tomat adalah sumber beberapa vitamin juga mineral yang baik seprrti vitamin C, K1 kemudian vitamin B.

Vitamin C merupakan nutrisi penting lalu antioksidan. Vitamin K dikenalnpenting untuk kebugaran tulang, juga vitamin B yang dimaksud penting untuk perkembangan jaringan normal juga fungsi sel.

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button