Kesehatan

5 Olahraga Paling Ampuh Mengalahkan Insomnia, Bikin Tidur Lebih Nyenyak

JAKARTA – Apakah Anda rutin menatap langit ke di malam hari hari lantaran sulit untuk tidur? Jika hal ini muncul setiap hari, Anda mungkin saja mengalami insomnia , kelainan tidur yang tersebut menyebabkan kesulitan untuk tidur.

Jika dibiarkan, dapat menyebabkan kelelahan, simpel tersinggung kemudian keresahan mental, dan juga mengganggu daya ingat serta konsentrasi. Untuk itu, wajib segera ditangani.

Sementara, pada insomnia kronis , efeknya meningkatkan risiko beragam permasalahan kesehatan, salah satunya tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, sakit diabetes juga kanker.

Nah, apabila Anda mengalami kelainan ini, berikut beberapa olahraga terbaik untuk mengatasi insomnia guna meningkatkan kualitas tidur.

Olahraga untuk mengatasi insomnia

1. Olahraga kardiovaskular/ aerobik
Menurut Sleep Foundation, olahraga kardiovaskular atau aerobik dapat meningkatkan kualitas tidur serta mengempiskan rasa kantuk berlebihan di siang hari bagi penderita insomnia. Faktanya, aerobik dapat menghurangi keparahan status kelainan pernapasan pada waktu tidur, seperti apnea tidur obstruktif.

Anda dapat melakukan aerobik seperti jalan cepat, jogging atau bersepeda di dalam pagi hari agar tidur lebih besar nyenyak di di malam hari hari.

Pakar kebugaran Chitharesh Natesan menyarankan latihan aerobik intensitas sedang selama 30 menit hampir setiap hari di seminggu untuk mendapatkan khasiat yang digunakan merangsang tidur.

2. Yoga
Melakukan pose yoga lembut sebelum tidur dapat menghasilkan tubuh lalu pikiran rileks sehingga lebih lanjut enteng untuk tidur. Sebuah studi yang dilaksanakan oleh Indian Journal Of Psychiatry, menemukan bahwa penderita insomnia merasakan penurunan gangguan tidur yang digunakan signifikan.

3. Tai Chi
Tai Chi merupakan seni bela diri China kuno yang terkenal dengan gerakannya yang mana lambat serta disengaja. Tai Chi dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Hal ini adalah praktik pikiran-tubuh yang dimaksud meningkatkan relaksasi, mengempiskan stres dan juga meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, yang digunakan semuanya berkontribusi pada kualitas tidur yang digunakan lebih lanjut baik.

Sebuah penelitian yang tersebut diterbitkan oleh International Journal of Environmental Research and Public Health menemukan bahwa Tai Chi memberikan efek positif pada penderita insomnia dan juga membantu meringankan gejala depresi juga kecemasan.

Artikel ini disadur dari 5 Olahraga Paling Ampuh Mengalahkan Insomnia, Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Related Articles

Back to top button