Kesehatan

5 Tips Sahur untuk Penderita Asam Lambung, Bikin Puasa Nyaman

Liputan76 – JAKARTA – Sahur sebelum berpuasa biasa diadakan umat muslim pada bulan Ramadan. Anda dianjurkan makan tak lama sebelum adzan subuh berkumandang.

Ada beberapa tips yang dimaksud sanggup dilaksanakan pada waktu sahur khususnya bagi penderita asam lambung. Saat berbuka kemudian sahur di area bulan Ramadan, gangguan lambung dapat terjadi akibat kelebihan beban serta nutrisi yang mana salah.

Waktu pengosongan lambung yang digunakan lama memproduksi jumlah keseluruhan asam yang digunakan diproduksi lambung untuk pencernaan meningkat. Untuk itu, jangan sembarang makan ketika sahur agar berpuasa lebih lanjut aman serta nyaman.

Lantas, apa tips sahur bagi penderita asam lambung? Ini adalah ulasannya, yang tersebut dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (12/3/2024).

1. Tidak Makan Berlebihan

Saat sahur, cukupi asupan dengan makanan yang digunakan bergizi kemudian tidak ada mengonsumsinya secara berlebihan. Makan berlebihan ketika sahur menimbulkan lambung akan bekerja tambahan keras hingga menyebabkan gas pada perut naik. Hal ini bisa jadi mengakibatkan rasa kembung, begah, juga tak nyaman pada perut.

2. Kunyah Makanan dengan Baik

Makanan harus dikunyah dengan baik juga hindari makanan cepat saji. Mengunyah membantu mengeluarkan air liur kemudian lendir, juga melindungi penutup esofagus lalu lambung dari asam lambung.

Makan cepat juga cenderung menyebabkan Anda menelan udara sehingga menyebabkan kembung. Menempatkan porsi tambahan kecil serta sedang pada piring adalah ide bagus untuk membatasi asupan makanan.

3. Hindari Makanan Berlemak hingga Pedas

Menghindari makanan berlemak, asam, hingga pedas juga perlu dijalankan pada waktu sahur. Pasalnya, jenis makanan yang dimaksud cenderung mengiritasi saluran pencernaan.

Cobalah untuk mengempiskan asupan gula Anda juga, dikarenakan gula berubah menjadi lemak yang digunakan dapat menyebabkan peningkatan berat badan lalu kadar kolesterol. Hal ini juga dapat memperlambat pencernaan serta memicu naiknya asam lambung.

4. Tidak Langsung Tidur

Hindari secara langsung tidur atau merebahkan diri usai santap sahur. Hal ini mampu menciptakan asam lambung naik kemudian menyebabkan rasa tak nyaman pada perut.

Hal yang mana mirip juga diadakan pada waktu Anda berbuka puasa. Sebaiknya menanti 2-3 jam pasca makan sebelum tidur.

5. Konsumsi Obat-Obatan

Bagi yang dimaksud sedang menjalani perawatan jangka panjang, diskusikan rencana Anda dengan dokter selama Ramadan.

Teruskan mengonsumsi obat-obatan yang digunakan dijual bebas seperti antasida, antihistamin, lalu penghambat pompa proton selama sahur jikalau diperlukan. Hal ini dapat menurunkan produksi asam lambung, menjaga dari kembung, maag, serta mulas.

Related Articles

Back to top button