Nasional

Airlangga Dinilai Layak Panen Pendukung Jadi Ketum Golkar Lagi

JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai layak panen dukungan untuk kembali mengatur parpol berlambang pohon beringin itu. Diketahui, dukungan untuk Airlangga agar kembali bermetamorfosis menjadi nakhoda Partai Golkar pada periode berikutnya semakin bertambah.

Beberapa ormas pendiri serta Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar sudah ada menyatakan dukungan untuk Airlangga untuk kembali mengatur partai tersebut. Pengamat urusan politik Hidayaturrahman berpendapat, Airlangga mampu mengonsolidasikan kekuatan juga sumber daya partai untuk pemenangan Pemilihan Umum 2024.

Hal itu dinilai berubah menjadi salah satu alasan banyak pengurus, organisasi sayap, lalu tokoh Golkar yang menginginkan agar Airlangga kembali memimpin. “Sebagai ketua umum partai besar Airlangga juga mampu menggerakkan mesin pemenangan Golkar pada pemilihan 2024, jadi ini sangat pantas jikalau beberapa organisasi pendiri menyuarakan Airlangga dipercayakan menjadi Ketua Golkar,” ujar Direktur Center for Indonesian Reform (CIR) ini, Selasa (2/4/2024).

Dia mengakui kepiawaian ketua umum sangat dibutuhkan di berada dalam persaingan partai urusan politik yang digunakan semakin ketat seperti sekarang. Ketua umum yang cerdas memanfaatkan peluang lalu kekuatan internal juga jeli meninjau kelemahan lawan akan mengundurkan diri dari bermetamorfosis menjadi pemenang pemilu.

“Pada pada waktu persaingan partai kebijakan pemerintah sangat ketat, kepiawaian ketua umum untuk berubah menjadi pemenang pilpres akan diuji. Dan menurut saya Airlangga telah terjadi berhasil membuktikan itu,” tutur Hidayaturrahman, dosen ilmu kebijakan pemerintah Universitas Wiraraja itu.

Dia mengatakan, perolehan pengumuman Golkar secara nasional yang digunakan mencapai 23 jt atau 15,28 persen pada pemilihan raya Legislatif (Pileg) 2024 merupakan prestasi luar biasa. Tugas Airlangga berikutnya jikalau kelak kembali menjadi pemimpin Golkar adalah menularkan kesuksesan di dalam tingkat nasional ke capaian pengumuman partai dalam level kabupaten/kota.

“Mesti pada tingkat wilayah beberapa pendapat Golkar turun, teristimewa pada tingkat kabupaten serta kota, namun secara nasional Golkar berhasil mengungguli pemilu. Itu catatan positif bagi Airlangga,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kasgoro) 1957, dan juga beberapa DPD Golkar dalam wilayah memberikan dukungan terhadap Airlangga untuk menjadi pemimpin kembali Partai Golkar. Kondisi itu menghasilkan kans Airlangga kembali mengawasi Golkar semakin besar.

Sebelumnya, PPK Kosgoro 1957 mendeklarasikan dukungan terhadap Airlangga kembali mengatur Golkar pada Musyawarah Nasional (Munas) Desember 2024. Adapun pemberitahuan dukungan dibacakan Sekjen PPK Kosgoro 1957 Sabil Rachman di sela kegiatan Silaturahmi lalu Buka Puasa Ramadan Kosgoro 1957 ke Fairmont Hotel, Jakarta, Awal Minggu (1/4/2024).

Setelahnya, pada momen yang disebutkan surat dukungan segera diserahkan Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Laksono untuk Airlangga.

Artikel ini disadur dari Airlangga Dinilai Layak Panen Dukungan Jadi Ketum Golkar Lagi

Related Articles

Back to top button