Kesehatan

Apakah Penderita Jantung Akut Boleh Berpuasa? Hal ini Rekomendasi Dokter

JAKARTA – Berpuasa dalam bulan Ramadan wajib bagi seluruh umat muslim. Namun, di keadaan tertentu, seseorang boleh tidak ada menjalankan puasa, salah satunya pada saat ia sedang sakit.

Puasa sendiri diketahui sangat baik bagi kesehatan. Bahkan penderita maag serta kencing manis pun boleh menjalankan salah satu rukun Islam yang disebutkan dengan masih memperhatikan pola makan dan juga medikasi yang harus dikonsumsi.

Lantas, bagaimana dengan penderita jantung, apakah mereka boleh berpuasa?

Dokter Spesialis Jantung dan juga Pembuluh Darah dari RSPP Jakarta, dr. Hermawan mengatakan, hal itu tergantung pada tingkat keparahan penyakit tersebut.

Dokter Hermawan sendiri tak menyarankan penderita penyakit jantung yang tersebut sudah ada akut untuk berpuasa. Pasalnya, aktivitas puasa dikhawatirkan dapat mengakibatkan ketidakstabilan pompa jantung.

“Pasien dengan gagal jantung yang fungsi pompa jantungnya telah sangat mengecil serta dikhawatirkan kondisinya bukan stabil, tak disarankan untuk berpuasa,” kata dr. Hermawan di diskusi kesejahteraan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta, belum lama ini.

Dokter Hermawan menjelaskan, ketidakstabilan pompa jantung mampu dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Misalnya dehidrasi atau dikarenakan adanya komplikasi penyakit lain seperti diabetes.

“Jadi sebaiknya kalau merasa tidak ada mampu lalu tak kuat, penderita penyakit jantung akut tiada memaksakan diri untuk berpuasa. Kalau misalnya lelah, ya segera berbuka puasa,” saran dr. Hermawan.

Namun, lanjut dr. Hermawan, bagi penderita penyakit jantung yang tersebut satu di antaranya ke pada kategori ringan, sebaiknya terus melaksanakan ibadah puasa setelahnya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

“Sebab, puasa dapat mengatasi keseimbangan metabolisme tubuh, sebab puasa melatih tubuh untuk mengendalikan waktu makan lalu mencerna makanan sesuai dengan yang digunakan dibutuhkan oleh tubuh,” terang dr. Hermawan.

Sementara untuk yang digunakan tidak ada memiliki riwayat penyakit jantung, dr. Hermawan mengimbau agar menjaga pola hidup sehat walafiat dengan makan makanan bernutrisi, rutin berolahraga, serta tiada merokok.

Artikel ini disadur dari Apakah Penderita Jantung Akut Boleh Berpuasa? Ini Saran Dokter

Related Articles

Back to top button