Kesehatan

Awas Jangan Tidur pasca Sahur, 4 Bahaya Ini adalah Mengintai

Liputan76 – JAKARTA Tidur setelahnya sahur dapat memiliki beberapa dampak potensial pada kesehatan. Terutama apabila bukan diadakan dengan bijak sehingga menyebabkan hambatan kondisi tubuh yang mana bukan boleh dianggap sepele.

Tidur pasca sahur sendiri telah lama menjadi kebiasaan sebagian orang yang mana umum dijalankan selama bulan Ramadan. Terutama bagi mereka itu yang digunakan bangun untuk makan sahur sebelum waktu imsak atau waktu untuk memulai puasa.

“Di pada medis sebenarnya, segera tidur setelahnya makan sahur maupun berbuka itu bukan baik untuk kondisi tubuh kita,” kata dr Andi dikutipkan dari YouTube Dokter Andi Official, Selasa (12/3/2024).

Bahaya Tidur setelahnya Sahur

Berikut bahaya yang mana perlu diwaspadai akibat tidur pasca sahur.

1. Gangguan Tidur

Ketika segera tidur setelahnya sahur, seseorang akan mengalami gangguan tidur. Bisa jadi tidur terasa tidaklah nyenyak hingga akhirnya terbangun.

“Tidur jadi kurang nyenyak. Mengalami heartburn atau nyeri ulu hati yang bisa saja bikin terbangun,” jelasnya.

2. Gangguan Asam Lambung

Masalah kedua yakni gangguan asam lambung hingga mengalami mual, muntah, hingga nyeri pada ulu hati. Untuk itu, dr Andi menyarankan agar memberikan jeda beberapa jam pasca makan sebelum akhirnya tidur.

“Akan memproduksi gejala asam lambung semakin memburuk. Apalagi perut yang terlalu kenyang akan memudahkan asam lambung naik ke menghadapi hingga ke kerongkongan pada pada waktu kalian tertidur,” ujarnya.

Related Articles

Back to top button