Kesehatan

Awas Sering Begadang Bikin Ginjal Rusak, Ini adalah Hubungannya

Liputan76 – JAKARTA – Sering begadang bukan segera menyebabkan ginjal rusak . Namun, kebiasaan begadang secara teratur dapat berkontribusi pada peningkatan risiko berbagai kondisi kesehatan, termasuk permasalahan ginjal.

Begadang secara berulang dapat mengganggu pola tidur yang sehat, menyebabkan ketidakseimbangan hormon, meningkatkan stres, dan juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Semua ini dapat mengakibatkan gangguan kemampuan fisik jangka panjang yang mana pada gilirannya dapat mempengaruhi fungsi ginjal .

Beberapa faktor lain yang digunakan terkait dengan begadang, seperti konsumsi kafein yang tersebut berlebihan atau kebiasaan merokok yang banyak terjadi pada orang yang tersebut begadang, juga dapat berkontribusi pada kerusakan ginjal. Selain itu, begadang rutin kali terkait dengan gaya hidup yang kurang sehat.

Seperti kurangnya aktivitas fisik lalu pola makan yang buruk, yang dimaksud juga dapat meningkatkan risiko kesulitan ginjal. Dokter Spesialis Penyakit dalam, Konsultan Ginjal kemudian Hipertensi dr. Dina Nilasari, PhD, SpPD-KGH mengungkapkan bahwa gaya hidup sangat berpengaruh pada kemampuan fisik ginjal.

“Ada faktor beberapa yaitu lifestyle itu juga berpengaruh. Lifestylenya begadang semalaman itu nggak akan bikin diri secara langsung rusak ya. Tapi seringkali untuk biar bisa saja begadang Ini adalah banyak mengonsumsi minuman namanya energy drink,” kata dr. Dina dalam kawasan Pasar Senen, Ibukota beberapa waktu lalu.

Meskipun hingga ketika ini masih belum ada penelitian yang mana mengungkap bahwa begadang sanggup secara langsung merusak ginjal, tetapi biasanya ketika begadang sebagian orang kerap merasa lapar juga haus. Sehingga memilih makanan lalu minuman yang mana bisa jadi merusak ginjal.

Di pada minuman berenergi, disebut dr. Dina terdapat isi kafein yang tersebut memang sebenarnya sanggup memproduksi seseorang menjadi tak mudah mengantuk. Selain itu, komposisi gula pada dalamnya pun juga sangat tinggi.

Namun dengan begadang saja, tubuh sudah ada dipaksa untuk beraktivitas bagaimanapun juga sebetulnya dalam waktu malam hari organ-organ di tubuh seharusnya beristirahat. Ditambah dengan mengonsumsi minuman berenergi, hal ini yang dimaksud bisa jadi menimbulkan kerja ginjal semakin berat.

“Energy drink yang mana didapatkan supaya bisa jadi melek dari kafein yang tersebut tertera atau yang digunakan terkandung pada pada energy drink. Tapi ada material lain di tempat energy drink ini yang tersebut in the long term juga kalau konsumsinya berlebihan itu sangat menggantung ginjal,” ujarnya.

Bukan cuma itu, penyakit ginjal yang digunakan menyerang anak muda pun sanggup oleh sebab itu faktor lainnya. Mulai dari genetik dari orang tua atau bahkan buyut yang dimaksud terlibat terbawa hingga keturunan berikutnya.

“Ada genetik yang tersebut orang tuanya, neneknya, atau buyutnya ada gangguan ginjal yang sebenarnya juga terbawa oleh anak muda ini. Tapi tidak ada diperiksakan,” tandasnya.

Related Articles

Back to top button