Lifestyle

Berdasarkan Weton Jawa, Rabu Pon Justru Bisa Jadi Hari Naas Buat Presiden Jokowi

Liputan76 – Hari Rabu Pon kerap dianggap sebagai hari penting selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), teristimewa di melakukan reshuffle menteri. Sebab, Jokowi hampir terus-menerus melantik menteri baru pada Rabu Pon selama dua periode menjabat sebagai presiden.

Jokowi sendiri tidaklah pernah mengungkap secara gamblang alasan dirinya banyak memilih hari Rabu Pon pada melakukan kegiatan penting. Namun, bila dilihat kembali rupanya Rabu Pon sejenis dengan weton hari kelahiran Jokowi. Politisi dengan syarat Solo itu diketahui lahir pada 21 Juni 1961 yang digunakan di kalender Jawa kelahirannya tepat pada Rabu Pon.

Dalam primbon Jawa, setiap hari kelahiran mempunyai hari besarnya masing-masing. Hal itu termasuk mencakup hari keberuntungan lalu hari naas.

Hari keberuntungan bisa jadi digunakan untuk melaksanakan hajatan atau kegiatan besar, seperti pindah rumah, membuka usaha, mencari pekerjaan, maupun menggelar acara lamaran atau pernikahan. Sedangkan hari naas dapat jadi waktu kesialan sehingga disarankan untuk bertirakat, puasa weton, atau berdoa untuk Tuhan agar hari naas tidaklah membahayakan diri.

Menariknya, bagi seseorang yang tersebut memiliki hari lahir Rabu Pon rupanya salah satu hari naasnya juga tepat pada Rabu Pon.

Dikutip dari tayangan YouTube Mbah Sunan, berdasarkan kamus kitab primbon Jawa kuno, weton Rabu Pon dengan jumlah agregat neptu 14 mempunyai hari naas yang jatuh pada hari lahirnya sendiri pada Rabu Pon.

Setiap hari naas itu telah diteteni oleh para leluhur Jawa. Hasil perhitungan menunjukan kalau hari naas bagi para weton kelahiran Rabu Pon di dalam antaranya, Rabu Pon, Hari Sabtu Kliwon, Hari Sabtu Legi, serta Selasa Legi atau jatuh pada pasaran Wage mau pun Kliwon.

Ketika sedang hari naas, dianjurkan tiada melakukan hajatan besar. Tetapi disarankan untuk berdoa dan juga mendekatkan diri untuk Tuhan agar tak ada hal buruk yang digunakan menimpa.

Sementara itu, dari hasil perhitungan weton juga ditemukan hari keberuntungan bagi weton kelahiran Rabu Pon dalam antaranya, Akhir Pekan Pahing, Mulai Pekan Pon, Selasa Wage, Rabu Kliwon, Kamis Legi, hari terakhir pekan Pahing, Hari Sabtu Pon, Hari Minggu Wage, serta Mulai Pekan Kliwon.

Related Articles

Back to top button