Olahraga

Bung Towel Sebut Shin Tae-yong Malas Pantau Kejuaraan 1: Dia Merasa Di-backup PSSI

Liputan76 – JAKARTA – – Pengamat sepak bola Tommy Welly mengungkapkan Pelatih Timnas Indonesia pada waktu ini Shin Tae-yong (STY) malas memantau Turnamen 1. Kata dia, hal itu disebabkan oleh sebab itu STY merasa di-backup penuh oleh PSSI dengan menyiapkan pemain naturalisasi atau berdarah Indonesia sesuai permintaan STY.

Selain itu Bung Towel sapaan akrab Tommy Welly menyampaikan pembimbing selama Korea Selatan yang dimaksud jumawa.

“Ia seolah merasa paling dibutuhkan. Mungkin dikarenakan beliau paham netizen ada dibelakangnya. Bagaimana tidak? Usai Piala Asia 2023 Januari lalu, STY mengkritisi Kompetisi Indonesia. Minta Liganya diperbaiki,” kata Bung Towel terhadap wartawan, Akhir Pekan (17/3/2024).

Ironisnya, begitu Kompetisi 1 kembali bergulir awal Februari kemarin, lanjut Bung Towel. STY malah memilih pulang kampung untuk berlibur. Sekaligus menjalani “kerja sampingannya” sebagai Ketua Komite Penasihat Seongnam FC. Tindakan pertama STY untuk mantan klubnya itu adalah memasarkan kartu keanggotaan Seongnam.

“Bisa dibilang, STY terlalu malas untuk nongkrongin pertandingan Kejuaraan 1 segera ke stadion-stadion. Jadi jangan heran, jikalau tidak ada ada nama baru dari skuad timnas yang mana dipanggil STY menghadapi lanjutan kualifikasi Piala Planet 2026, ‘back to back’ lawan Vietnam, di tempat GBK Senayan Ibukota Indonesia (21/3) dan juga Stadion My Dinh Hanoi (26/3). Istilahnya, yang mana itu-itu lagi saja. Pemain yang tersebut selama ini disukai kemudian favorit STY,” ujar Bung Towel.

Bung Towel pun menilai STY tak malu dengan memanggil Nadeo Argawinata. Padahal STY sempat memarkir kiper selama Borneo FC ini sebab dianggap kalah tenang dibandingkan Syahrul Trisna.

“Karena masih dikampung halamannya lalu malas memantau Turnamen 1, STY pun nampaknya tutup mata dengan blunder amatir penjaga gawang Adi Satryo (PSIS) ketika kebobolan gol kedua Persib pada pekan ke-26 pada 27 Februari lalu. Gol ketiga Persib ke gawang PSIS, juga ada andil “assist” dari bek Wahyu Prasetyo. Ironisnya, kedua pemain yang disebutkan Adi Satryo kemudian Wahyu Prasetyo tetap memperlihatkan dipanggil STY masuk skuad timnas. Pokoknya terserah STY. Nggak ada urusan dengan performa di tempat Kompetisi 1,” ungkapnya

Senjata STY Naturalisasi

Bung Towel menegaskan senjata kemudian jurus STY cuma naturalisasi. Maka setibanya di tempat DKI Jakarta usai berlibur, STY dengan segera terbang ke Belanda, Belgia lalu Italia untuk memantau pemain naturalisasi. Soal naturalisasi ini, untungnya PSSI back up penuh. PSSI sangat responsif.

Keinginan STY agar Thom Haye, Ragnar Oratmangoen kemudian Nathan Tjoe A-On segera dinaturalisasi secara langsung dikebut. Urusan DPR RI, pengambilan sumpah, KTP, paspor lalu perpindahan federasi dilaksanakan dengan cara sesingkat-singkatnya. Bahkan pengambilan sumpah untuk Nathan Tjoe A-On berlangsung dalam Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Mulai Pekan (11/3) malam.

Related Articles

Back to top button