Otomotif

Cara Jitu Hadapi Truk, Motor, lalu Sepeda ketika Kendarai Mobil di tempat Jalan

Liputan76 – Ketika berkendara menggunakan mobil pada jalan, tentu pemobil akan menghadapi beberapa pengendara seperti truk, motor serta sepeda gowes di tempat jalan.

Pemobil yang tersebut baik tentunya harus menghargai pengendara yang tersebut lain agar masih selamat ketika berkendara. Namun tak sedikit pemobil yang mana enggan memperdulikan hal tersebut.

Padahal hal sepele ini mampu menghasilkan kecelakaan yang digunakan sanggup merugikan diri sendiri bahkan pengguna jalan lainnya.

Untuk itu, pemobil harus memahami tips jitu ketika menghadapi truk, motor serta kendaraan beroda dua ketika di area jalan. Berikut tips yang bisa saja diadakan dilansir dari laman resmi Nissan Indonesia.

1. Truk

Truk miliki dimensi lebih lanjut besar ketimbang mobil. Tak sedikit pemobil yang dimaksud justru merasa canggung ketika berkendara dalam dekat truk.

Pemobil sebaiknya menghindari blind spot truk ketika berada di dalam dekatnya. Prinsipnya, selama cermin spion truk tiada terlihat, hindarilah wilayah tersebut. Berhati-hatilah ketika menyalip truk.

Jika perlu melakukan overtaking dari sebelah kiri, segera lakukan dengan kecepatan maksimal sambil memberikan tanda klakson atau lampu sorot. Apabila Anda berhasil mendahului truk, hindari berhenti tanpa peringatan oleh sebab itu truk bukan dapat berhenti dengan segera, sehingga risiko tabrakan dari belakang dapat menjadi tinggi.

2. Motor

Secara dimensi, motor memang sebenarnya lebih tinggi kecil dibandingkan dari mobil. Namun terkadang motor justru dapat membahayakan pemobil ketika di area jalan.

Pengendara motor mampu bergerak lincah dalam jalan sehingga tak sedikit pemobil yang kaget.

Oleh oleh sebab itu itu, yang paling penting adalah setiap saat memerhatikan serta waspada terhadap keberadaan motor di tempat sekitar kendaraan pemobil. Apabila meninjau pemotor, berikanlah jalan dengan baik.

3. Sepeda

Dapat dikatakan bahwa sepeda gowes merupakan kendaraan yang paling rentan di tempat jalan raya. Meskipun rentan, mereka miliki hak yang dimaksud identik di menggunakan jalan.

Beberapa kota telah mempunyai jalur sepeda, tetapi pada Indonesia, jalur yang disebutkan masih jarang ditemui.

Untuk berbagi jalan dengan sepeda, pastikan Anda bukan terlalu bergerak ke kiri ketika berkendara.

Sisi kiri jalan diperuntukkan bagi kendaraan yang paling rentan, yaitu sepeda. Oleh dikarenakan itu, sebisa mungkin, apabila Anda berkendara pada dekat pengendara sepeda, sebaiknya berada sedikit lebih tinggi ke tengah.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button