Otomotif

Cara Mengatasi Oli Mobil Rembes, Tidak Perlu ke Bengkel!

Liputan76 – JAKARTA – Oli mobil yang tersebut rembes bisa jadi jadi masalah, khususnya pada waktu Anda bersiap-siap untuk mudik. Tapi, tenang saja, tak perlu ke bengkel untuk turun mesin apabila tak terjadi kerusakan parah.

Setelah mengetahui apa sekadar kemungkinan yang digunakan menyebabkan oli mobil Anda merembes, pahami juga bagaimana cara mengatasinya.

1. Ganti Paking yang dimaksud Mengalami Kerugian atau Seal/Segel yang Aus

Paking lalu segel adalah komponen untuk menjaga dari kebocoran pada sambungan antara dua bagian mesin yang tersebut saling bergerak. Komponen ini dapat rusak akibat penyelenggaraan berlebihan atau faktor lain seperti suhu atau tekanan tinggi.

Kerusakan pada komponen ini dapat menyebabkan terjadinya rembesan oli. Jadi, salah satu alternatif cara mengatasi oli mobil rembes adalah dengan mengganti paking atau segel yang rusak/aus dengan yang dimaksud baru.

2. Perbaiki Gasket Pan Minyak

Cara Mengatasi Oli Mobil Rembes, Tidak Perlu ke Bengkel!

Gasket pan minyak adalah komponen yang tersebut digunakan untuk menghindari kebocoran pada sambungan antara blok mesin kemudian oil pan. Komponen ini biasanya terbuat dari material karet atau logam, serta dapat rusak akibat usia, suhu, atau tekanan tinggi.

Jika kerusakannya ringan, Anda mampu mengatasi permasalahan oli mobil rembes dengan cara memperbaiki komponen ini. Tetapi apabila telah bukan mampu diperbaiki, sebaiknya ganti dengan komponen yang tersebut baru.

3. Gunakan Lem Sealer atau Lem Besi

Untuk memperbaiki komponen yang tersebut bermasalah, lem khusus sealer atau lem besi juga mampu menjadi opsi. Biasanya, lem ini sanggup digunakan pada bagian gasket, lalu terbuat dari komponen polimer khusus yang bisa jadi berubah bentuk jadi perekat yang kuat.

Lem sealer atau biasa juga disebut lem paking ini tersedia pada berbagai bentuk, namun umumnya berada pada bentuk pasta. Cara mengaplikasikannya pun mudah, cukup dioleskan sekadar pada bagian yang dimaksud bocor atau bermasalah.

4. Kencangkan Baut yang digunakan Longgar atau Ganti Baru

Baut yang mana longgar pada bagian mesin mobil dapat menjadi faktor kebocoran oli. Hal ini sebab celah yang digunakan terbuka antara sambungan mesin dapat memungkinkan oli pergi dari dari mesin.

Salah satu alternatif cara untuk mengatasi oli mobil rembes adalah dengan memeriksa kemudian mengencangkan baut-baut yang longgar pada mesin mobil. Jika telah rusak atau tidak ada dapat dikencangkan, maka sebaiknya ganti dengan baut yang digunakan baru.

5. Gunakan Cairan Sealant Oli Mesin

Sealant oli mesin merupakan sejenis cairan khusus yang digunakan berfungsi untuk mengurangi kebocoran pada bagian-bagian mesin mobil, misalnya pada sambungan antara dua bagian mesin yang dimaksud saling bergerak.

Cairan sealant ini bekerja dengan cara menempel pada permukaan logam serta membentuk lapisan yang mana menjaga dari kebocoran. Cara menggunakannya mudah, biasanya cukup dioleskan pada bagian yang mana mengalami kebocoran.

6. Gunakan Seal Tape

Selain sealant di bentuk cairan, seal tape juga bisa jadi menjadi alternatif solusi lain yang mampu Anda coba. Sesuai namanya, seal tape adalah tape atau pita perekat khusus yang digunakan dapat menghindari kebocoran pada bagian-bagian mobil tertentu.

Karena terbuat dari unsur khusus, maka seal tape dapat merekat dengan baik pada permukaan logam, serta dapat menghentikan berbagai celah yang mana menyebabkan timbulnya rembesan ataukebocoranoli.

Related Articles

Back to top button