Otomotif

Cara Mengatasi SIM Mati Saat Libur Lebaran 2024

Liputan76 – JAKARTA – Kemenhub memprediksi adanya peningkatan pengguna kendaraan roda 4 yang tersebut mudik dalam Lebaran 2024.

Jika, Anda salah satunya, tentu harus ada sejumlah persiapan yang dilakukan. Tidak hanya saja masalah kendaraan, tapi juga terkait manusianya. Salah satunya, Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku.

Tapi, bagaimana jikalau kartu SIM meninggal di area ketika jelang libur Lebaran? Nah, berikut solusinya:

1. Cek Masa Berlaku SIM

Pertama, periksa kembali masa berlaku SIM Anda. Pastikan bahwa SIM Anda tiada berakhir pada ketika libur Lebaran. Jika SIM Anda masih berlaku, maka Anda tidaklah perlu khawatir.

2. Manfaatkan Dispensasi Perpanjangan SIM

Biasanya, Korlantas Polri akan memberikan dispensasi perpanjangan SIM bagi pengendara yang dimaksud masa berlaku SIM-nya habis pada ketika libur Lebaran. Dispensasi ini biasanya berlaku selama beberapa hari setelahnya libur Lebaran.

Anda dapat memantau informasi mengenai dispensasi ini melalui situs web resmi Korlantas Polri atau media sosial resmi Polri.

3. Perpanjang SIM di tempat Hari Pertama Layanan Kembali Dibuka

Jika SIM Anda mati pada ketika libur Lebaran kemudian bukan ada dispensasi yang mana diberikan, maka Anda dapat melanjutkan SIM dalam hari pertama layanan SIM kembali dibuka pasca libur Lebaran. Biasanya, layanan SIM akan kembali dibuka pada hari H+1 pasca libur Lebaran.

4. Gunakan Transportasi Alternatif

Jika Anda bukan dapat melanjutkan SIM pada pada waktu libur Lebaran, maka Anda dapat menggunakan transportasi alternatif, seperti bus, kereta api, atau pesawat terbang. Hal ini untuk menghindari risiko terkena tilang oleh pihak kepolisian sebab SIM mati.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menghindari SIM meninggal pada waktu libur Lebaran:

– Catat masa berlaku SIM Anda.
– Perpanjang SIM Anda sebelum masa berlakunya habis.
– Pantau informasi mengenai dispensasi perpanjangan SIM.
– Siapkan dokumen yang tersebut diperlukan untuk perpanjanganSIM.

Related Articles

Back to top button