Kesehatan

Cerita Aurelie Moeremans Alami Insomnia, Begini 5 Cara Mengatasinya

Liputan76 – JAKARTA – Aurelie Moeremans berbagi pengalamannya susah tidur alias insomnia di tempat Hari Tidur Sedunia yang dimaksud jatuh pada hari ini, 15 Maret 2024.

Melalui postingan di dalam Instagram, Aurelie mengaku sudah ada empat hari sulit tidur. Akibat gangguan tidur tersebut, beliau hanya saja mampu tidur satu jam setiap harinya.

“Selamat Hari Tidur Sedunia. Udah 4 hari nih nggak bisa jadi tidur. Bukan sebab berisik. Emang lagi susah tidur aja. Tidur sih, tapi paling kaya satu jam,” tulis Aurelie, pada video yang digunakan diunggah di tempat akun Instagramnya, @aurelie, Jumat, (15/3/2024).

“Terus habis itu bangun, melek, terus abis itu seger sampai pagi, pagi baru bisa saja tidur lagi satu jam. Yah gitu aja terus selama 4 hari,” tulis ia lagi.

Khawatir dengan kondisi yang digunakan dialaminya, Aurelie Moeremans kemudian bertanya untuk followersnya tips agar bisa saja tidur normal. Apalagi, sebelumnya ia justru terkenal ‘pelor’ alias gampang tidur.

“Kalian punya tips nggak buat aku? Biasanya aku pelor. Tapi sekarang aku kayak lupa gitu langkah tidur,” tulis Aurelie Moeremans .

Dilansir laman Siloam Hospital, sulit tidur dapat menjadi salah satu gangguan yang dimaksud memberikan dampak negatif pada kemampuan fisik fisik lalu mental.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara agar cepat tidur yang tepat agar kondisi tubuh tetap saja terjaga serta terhindar dari insomnia.

Tips Mengatasi Insomnia

1. Mandi air hangat

Salah satu cara cepat tertidur adalah dengan mandi air hangat. Air hangat dapat menyebabkan tubuh menjadi rileks.

2. Suasana tidur yang nyaman

Untuk mendatangkan rasa kantuk, cobalah ciptakan suasana kamar yang tersebut sunyi, gelap, dan juga sejuk. Untuk memblokir kata-kata dari luar, gunakanlah earplug dan juga matikan smartphone sebagai cara agar tertidur cepat juga tercipta suasana sunyi.

3. Relaksasi otot progresif

Relaksasi otot progresif dijalankan dengan menerapkan teknik pernapasan yang dikombinasikan dengan kontraksi lalu pelemasan otot. Hal yang disebutkan bertujuan untuk menghilangkan stres di dalam pada tubuh yang tersebut memicu seseorang sulit tertidur.

4. Lakukan teknik pernapasan

Di samping relaksasi tubuh, cara agar cepat tidur selanjutnya adalah melakukan teknik pernapasan dengan mengikuti langkah-langkah berikut untuk membantu diri lebih lanjut cepat terlelap:
Tarik napas dalam-dalam melalui hidung selama 4 detik. Tahan napas selama 7 detik.
Keluarkan napas perlahan-lahan melalui mulut selama 8 detik. Ulangi langkah-langkah yang dimaksud sebanyak kurang lebih besar 4 kali.

5. Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin mampu menimbulkan tidur tambahan pulas. Tak harus dengan olahraga berat, mulailah dengan olahraga ringan yang tersebut bisa jadi disesuaikan dengan jadwal kegiatan sehari-hari. Lalu, tingkatkan intensitas olahraga ketika telah terbiasa.

Related Articles

Back to top button