Teknologi

China Ciptakan Kaset yang digunakan Punya Kapasitas Setara 15.000 DVD

Liputan76 – BEIJING – Para ilmuwan pada China kembali menghadirkan gebrakan pada pembaharuan teknologi. Kali ini merekan berhasil menciptakan sebuah disk atau kaset yang tersebut miliki kapasitas super besar, yakni setara dengan 15.000 DVD.

Untuk diketahui, DVD juga Blu-ray standar belaka dapat menyimpan file hingga 25GB saja, sebagaimana dilansir dari Live Science pada hari terakhir pekan (15/3/2024). Artinya pembaharuan ini merupakan terobosan yang tersebut sangat luar biasa.

Kaset ini dibuat berdasarkan unsur yang mana disebut AIE-DDPR. Dikatakan bahwa AIE-DDPR kepadatan penyimpanan terpencil lebih banyak tinggi dibandingkan sistem lainnya, bahkan hard disk drive (HDD) yang digunakan dapat menampung hingga 16TB.

Untuk memungkinkan penulisan skala nano, merekam informasi pada disk optik pada tingkat molekuler, AIE-DDPR terdiri dari dua material kimia yang tersebut disebut 2-isopropylthioxanthone (ITX) lalu dipentaerythritol penta-acrylate (DTPA).

ITX adalah fotoinisiator yang tersebut efisien, sebab ia bereaksi ketika terkena cahaya, seperti sinar laser. Sementara DTPA adalah monomer, molekul kecil dengan fotosensitifitas tinggi, yang dimaksud berarti ia bereaksi kuat terhadap cahaya.

Jika keduanya digabungkan untuk memungkinkan lebih besar banyak informasi disimpan dengan lebih banyak padat dibandingkan sebelumnya. Untuk pembacaan skala nano, komponen kimia yang digunakan disebut hexaphenylsilole (HPS) lalu substansi baru yang mana disebut AIE luminogens (AIEgens) dimasukkan ke pada film.

Kaset AIE-DDPR berpotensi merevolusi penyimpanan data. sebabnya ia memakan lebih banyak sedikit ruang dibandingkan metode penyimpanan ketika ini, lebih besar ramah lingkungan, kemudian tambahan hemat dibandingkan susunan penyimpanan data.

Related Articles

Back to top button