Teknologi

China Siap Hadirkan Robot Humanoid Tercepat dalam Dunia, Ini adalah Detailnya

Liputan76 – BEIJING Robot humanoid tercepat di dalam dunia berhasil dikembangkan perusahaan jika China. Diberi nama Unitree H1 Evolution V3.0, kemampuan berlari robot humanoid satu ini telah terjadi beredar luas pada video yang digunakan sejumlah bermunculan dan juga bisa jadi diakses lewat internet.

Dalam pernyataan resminya, dikutipkan dari YouTube Unitree Robotic, Hari Minggu (17/3/2024) robot humanoid yang mana dijuluki H1 ini mampu berlari dengan kecepatan 3,3 meter per detik. Capaian ini mengalahkan rekor sebelumnya yang semata-mata pada hitungan 2,5 meter per detik.

Di video, Robot H1 yang tersebut memiliki wujud seperti manusia, dengan dua tangan, dua kaki, badan, juga kepala tampak berlari mengenakan kaos kemudian celana panjang serba hitam. Gerakannya terbilang cepat meskipun tak semulus pergerakan robot Optimus Elon Musk.

Robot H1 yang dimaksud mempunyai tinggi 1,8 meter dengan bobot kurang dari 30kg itu juga terekam menari dengan dengan dua robot lainnya yang mana sejenis. Video memperlihatkan keseimbangan juga kelincahan robot tersebut, lantaran ia dapat bergerak melompat setinggi manusia.

Robot juga terampil pada mengambil objek dari robot anjing juga menaiki tangga kecil sebelum berputar. Dalam video lain, robot yang dimaksud ditendang untuk menunjukkan bagaimana ia mendapatkan kembali keseimbangannya ketika kontak fisik dengan benda lain.

Menurut perusahaan, robot yang dimaksud dapat menahan beban seberat 30 kg, serta mengungkapkan rahasia kekuatan robot terletak pada pinggul dan juga lututnya lantaran memunculkan torsi yang mana kuat.

Dan apabila ditanya bagaimana robot mengetahui lingkungan pada sekitarnya, robot dapat menavigasi dunia pada sekitarnya berkat kombinasi kamera kemudian sensor Lidar (deteksi dan juga jangkauan cahaya) yang tertanam di dalam kepalanya.

Related Articles

Back to top button