Ekonomi

Daftar Penerima THR PNS serta Gaji ke-13 Tahun Hal ini

Liputan76 – JAKARTA – pemerintahan sudah pernah resmi mengeluarkan kebijakan yang mengatur pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) lalu upah 13 melalui PP No. 14/2024. Berdasarkan beleid tersebut, pemerintah memberikan THR serta upah 13 terhadap aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, lalu penerima tunjangan.

“THR diberikan untuk menunjang hari raya. Sedangkan penghasilan ketiga belas sebagai bantuan pemerintah untuk aparatur negara untuk biaya pendidikan,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas disitir dari akun Instagram Kementerian PAN-RB @kemenpanrb, Mingguan (17/3/2024).

Adapun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap, pemberian THR yang dimaksud dapat meningkatkan daya beli. Maka, berdampak positif terhadap perekonomian nasional.

“Saya berharap tentu di THR ini juga akan memberikan dorongan untuk perekonomian Indonesia,” kata Sri Mulyani.

Disebutkan, kebijakan pemberian THR ini merupakan bagian dari instrumen di Anggaran Pendapatan juga Belanja Negara (APBN) sebagai upaya menjaga peluang pertumbuhan kemudian stabilitas kegiatan ekonomi nasional. Hal itu lantaran Ramadan dan juga Hari Raya Idulfitri merupakan salah satu kesempatan menggerakkan perkembangan konsumsi masyarakat, termasuk melalui pemberian THR bagi aparatur negara lalu pensiunan.

“Bagi pemda yang belum mencukupi alokasi anggaran untuk pembayaran THR kemudian pendapatan ke-13, maka pemda diminta segera menyediakan dengan mengoptimalkan belanja pegawai atau transformasi anggaran,” ujar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Lebih lanjut MenPAN-RB merinci penerima THR lalu pendapatan ke-13 antara lain adalah PNS kemudian calon PNS. Kemudian ada Pegawai eksekutif dengan Perjanjian Kerja (PPPK), atau honorer yang tersebut telah diangkat jadi PPPK.

Kemudian ada prajurit TNI, Polri, pejabat negara, perwakilan menteri, staf khusus lingkungan Kementerian Lembaga, hingga badan pengawas KPK. Pimpinan serta anggota DPRD, hakim ad hoc dan juga pegawai non aparatur sipil negara Lembaga nonstruktural atau LNS juga berhak menerima THR dan juga penghasilan ke-13.

Berikut daftar lengkap penerima THR serta Gaji ke-13:

– PNS serta calon PNS
– PPPK
– Prajurit TNI
– Anggota Polri
– Pejabat Negara
– Wakil Menteri
– Staf Khusus dalam Lingkungan K/L
– Dewan Pengawas KPK
– Pimpinan dan juga Anggota DPRD
– Hakim Ad Hoc
– Pimpinan, Anggota lalu Pegawai Non-ASN LNS
– Pimpinan kemudian Pegawai Non-ASN pada BLU
– Pimpinan lalu Pegawai Non-ASN pada Lembaga Penyiaran Publik
– Pegawai Non-ASN pada Perguruan Tinggi Negeri Baru berdasarkan Peraturan Presiden No. 10/2018 tentang Dosen serta Tenaga Kependidikan pada Perguruan Tinggi Negeri Baru sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
– Aparatur negara lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
– Pensiunan, Penerima Pensiun juga Penerima Tunjangan

Related Articles

Back to top button