Ekonomi

Daftar Saham Yang ‘Mantap Disantap’ Saat Ramadan

Liputan76 – Ramadan, bulan suci umat Islam, identik dengan peningkatan konsumsi masyarakat. Kebutuhan untuk persiapan menyingkap puasa dan juga sahur menghasilkan rakyat berbelanja lebih tinggi banyak.

Tren ini pun sanggup dimanfaatkan oleh penanam modal dengan melirik saham-saham tertentu yang mana berpotensi naik selama Ramadan.

Sektor Penjualan Langsung Favorit

Saham-saham dari perusahaan ritel biasanya menjadi primadona pada waktu Ramadan. Pembaruan permintaan terhadap material pangan, pakaian, dan juga keinginan pokok lainnya menyebabkan kinerja emiten ritel cenderung meningkat.

Beberapa saham ritel yang mana kerap diuntungkan ketika Ramadan yang digunakan dirangkum Suara.com pada Selasa (12/3/2024) sebagai berikut:

1. ERAA (PT Erajaya Swasembada Tbk)
2. MAPA (PT Matahari Putra Prima Tbk)
3. AMRT (PT Matahari Department Store Tbk)
4. MAPI (PT Mitra Adiperkasa Tbk)

Selain Ritel, Perhatikan Juga Konsumer serta Restoran

Tak cuma ritel, saham-saham dari perusahaan konsumer dan juga pengelola restoran juga berpotensi cuan di area Ramadan. Meningkatnya konsumsi penduduk untuk keinginan sehari-hari juga membuka puasa bersatu bisa saja menjadi katalis positif bagi emiten-emiten tersebut.

Contoh saham konsumer yang tersebut berpotensi naik adalah:

1. INDF (PT Indofood Terwujud Makmur Tbk)
2. ICBP (PT Indofood CBP Berhasil Makmur Tbk)
3. MYOR (PT Mayora Indah Tbk)

Ingat, Penanaman Modal Tetap Perlu Analisa

Meskipun historisnya saham-saham di dalam sektor tertentu cenderung naik ketika Ramadan, penting untuk diingat bahwa pembangunan ekonomi tetap memperlihatkan membutuhkan analisa yang mana baik.

Jangan hanya sekali ikut-ikutan tren, tetapi cermati juga kondisi fundamental perusahaan kemudian kinerja keuangannya sebelum memutuskan membeli saham.

Related Articles

Back to top button