Otomotif

Deretan Mobil Listrik yang dimaksud Gunakan Baterai LFP, Ada Nama Tesla

Liputan76 – Baterai LFP menjadi buah bibir di debat calon duta Presiden (cawapres) pada Akhir Pekan (21/1/2024). Salah satu cawapres yang digunakan melemparkan topik tentang LFP yakni Gibran Rakabuming Raka.

Kala itu, Gibran menanyakan untuk Cak Imin masalah sel LFP (Lithium Ferro-Phospate) pada mobil listrik. Ia menyampaikan kalau kubu Cak Imin anti di pemanfaatan nikel sebagai substansi baku sel listrik di area masa depan.

“Paslon nomor urut 1 dan juga pasukan suksesnya ini banyak menggaungkan LFP, saya enggak tahu ini pasangan nomor urut 1 ini antinikel atau bagaimana?” ujar Gibran mengawali segmen kelima debat Pilpres 2024 keempat pada JCC, Jakarta, Mingguan (21/1/2024) malam.

Muhaimin lantas menjawab pertanyaan Gibran bahwa etika lingkungan perlu di menentukan apa pun kebijakan yang dimaksud berhubungan dengan pemakaian sumber daya alam (SDA).

“Prinsipnya sederhana. Semua kembali untuk etika, Pak Gibran. Etika itu adalah etika lingkungan. Apa pun yang menjadi kebijakan kita, menyangkut produksi pengambilan tambang, SDA, juga apa pun yang tersebut kita gunakan seluruh kemungkinan bangsa ini rujukannya adalah etika lingkungan,” ujar Muhaimin.

Seperti diketahui, LFP yang digunakan disebut-sebut Gibran merupakan salah satu jenis elemen penyimpan daya pada mobil listrik. Beberapa item mobil listrik yang mana beredar di area Indonesia sudah ada menggunakan akumulator LFP ini.

Berikut beberapa pabrikan mobil yang dimaksud menggunakan elemen penyimpan daya LFP.

1. Wuling Air EV

Mobil Listrik Wuling Air EV. (Foto: Wuling)
Mobil Listrik Wuling Air EV. (Foto: Wuling)

Mobil listrik mungil dari Wuling ini sudah pernah menggunakan sel LFP dengan rating IP67. Baterai ini memiliki kapasitas daya 26,7 kWh dengan voltase sebesar 115 V.

Dengan penyimpan daya ini, Wuling Air ev bisa jadi menempuh jarak hingga 300 km. Untuk sekali pengisian dari nol sampai 100 persen membutuhkan waktu 4 jam saja.

2. Wuling Binguo

Wuling Umumkan Harga Mobil Listrik Binguo EV, Hari Jumat (15/12/2023). (Foto: Suara.com/Manuel Jeghesta)
Wuling Umumkan Harga Mobil Listrik Binguo EV, hari terakhir pekan (15/12/2023). (Foto: Suara.com/Manuel Jeghesta)

Sama seperti halnya pada Air EV, Wuling Binguo EV ini juga menggunakan sel LFP dangan rating IP67. Namun daya dari mobil ini sedikit lebih besar besar yakni 31,9 kWh untuk varian terendah.

Dan untuk varian tertinggi memikiki daya sebesar 37,9 kWh.

3. Tesla Model Y

Mobil listrik Tesla Model Y diresmikan ketika acara peluncuran resmi Tesla di area Bangkok, Thailand, Rabu (7/12/2022). [Lillian SUWANRUMPHA/AFP]
Mobil listrik Tesla Model Y diresmikan pada waktu acara peluncuran resmi Tesla di dalam Bangkok, Thailand, Rabu (7/12/2022). [Lillian SUWANRUMPHA/AFP]

Tesla Model Y disebut-sebut juga sudah ada mulai beralih menggunakan sel LFP. Tesla Model Y yang diproduksi dalam pabrik Gigafactory, Berlin menggunakan LFP dan juga sudah ada diproduksi mulai diproduksi pada Mei 2023.

4. Tesla Model 3

Sama seperti Model Y, Tesla Model 3 juga sudah pernah menggunakan akumulator LFP.

5. Mobil-mobil BYD

Jajaran mobil BYD di area sebuah pameran di dalam Thailand pada akhir 2023 kemarin. [Dok BYD]
Jajaran mobil BYD di area sebuah pameran pada Thailand pada akhir 2023 kemarin. [Dok BYD]

BYD  telah lama menggunakan sel LFP yang tersebut miliki Kapasitas untuk tipe standar sebesar 44,9 kWh lalu tipe premium mempunyai kapasitas 60,48 kWh.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button