Lifestyle

Dokter Tidak Sarankan Buka Puasa dengan Gorengan serta Es Buah, Bikin Perut Begah

Liputan76 – JAKARTA – Konsumsi gorengan serta es buah ketika membuka puasa mempunyai risiko kondisi tubuh tertentu apabila tiada dikonsumsi dengan bijak. Namun, keduanya sudah menjadi hidangan wajib sebagian orang ketika mengakses puasa selama bulan Ramadan.

Meski terasa enak, konsumsi gorengan lalu es buah pada waktu menyingkap puasa menyebabkan permasalahan penceraan. Kandungan lemak trans kemudian minyak yang digunakan untuk menggoreng dapat menyebabkan mulas, perut begah, lalu diare.

Sementara itu, konsumsi es buah di jumlah total besar juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan akibat kadar gula yang mana tinggi. Dokter spesialis penyakit dalam, dr Decsa Medika Hertanto, SpPD, KGH menyarankan tak mengonsumsi gorengan juga es buah pada waktu menyingkap puasa.

“Sebenarnya gorengan kemudian minuman manis ini tidaklah cocok untuk membatalkan puasa. Karenapa apa? Gorengan mempunyai zat lemak yang tinggi sehingga menghasilkan lambung kita kaget serta bekerja lebih tinggi keras,” kata dr Desca diambil dari akun Instagram pribadinya, @dokterdesca, hari terakhir pekan (15/3/2024).

Penting untuk mengonsumsi gorengan kemudian es buah dengan bijak, juga membatasi porsi yang mana dikonsumsi. Lebih baik memilih makanan yang tersebut lebih banyak sehat seperti buah-buahan segar, sayuran, protein tanpa lemak tinggi, juga karbohidrat kompleks pada waktu membuka puasa.

“Selain itu, ketika puasa tenggorokan kita menjadi kering juga rawan mengalami peradangan bisa saja mengonsumsi makanan yang tersebut tinggi lemak,” jelasnya.

“Kondisi ini yang mana menimbulkan tanpa peringatan perut melilit, kembung tak terkira, kadang sampai mual dan juga kembung. Simply oleh sebab itu minyak yang dimaksud berlebihan,” sambungnya.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan cara pengolahan makanan. Seperti menggoreng dengan minyak yang mana lebih besar sehat lalu menghindari penambahan gula berlebihan pada es buah.

“Nah saran saya, berbukalah dengan minum air putih terlebih dahulu dan juga makanan yang tersebut sedikit manis seperti buah atau kudapan kecil,” ujarnya.

“Setelahnya teman-teman baru boleh makan gorengan. Tapi ingat perhatikan jumlahnya ya. Jangan terlalu banyak,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button