Nasional

Dua Kapolda Paling Senior pada Pulau Jawa, Nomor 1 Pimpin Tiga Polda Berbeda

Liputan76 – JAKARTA – Terdapat dua Kapolda paling senior yang digunakan bertugas di dalam Pulau Jawa . Senioritas ini diukur dari tahun lulus di dalam Akademi Kepolisian (Akpol) atau Sepa Milsuk Polri.

Kapolda adalah singkatan dari Kepala Kepolisian Daerah yang dimaksud bertugas menjadi pemimpin pelaksanaan tugas Polri pada wilayah tingkat provinsi serta bertanggung jawab secara langsung untuk Kapolri. Mereka yang mana mengemban jabatan yang dimaksud adalah jenderal polisi bintang dua atau berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).

Saat ini ada enam Kapolda di dalam Pulau Jawa. Mereka mengawasi Polda Banten, Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Polda Jawa Timur. Dari enam Kapolda, dua di area antaranya paling senior. Siapa mereka?

2 Kapolda Paling Senior di area Pulau Jawa

1. Irjen Pol Akhmad Wiyagus

Dua Kapolda Paling Senior di tempat Pulau Jawa, Nomor 1 Pimpin Tiga Polda Berbeda

FOTO/DOK.iNews

Kapolda pertama paling senior yang mana bertugas dalam Pulau Jawa adalah Akhmad Wiyagus. Polisi kelahiran 23 September 1967 itu pada saat ini menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat.

Akhmad Wiyagus dikategorikan senior sebab ia lulusan Akpol 1989. Saat ini, kebanyakan perwira tinggi yang digunakan menjabat sebagai Kapolda di dalam Pulau Jawa merupakan lulusan Akpol 1990-an.

Sebelum menjabat Kapolda Jawa Barat, Akhmad Wiyagus bertugas sebagai Kapolda Lampung pada 2022 dan juga Kapolda Gorontalo pada 2020. Sebelum menjabat Kapolda, pria selama Tasikmalaya ini sempat menjabat sebagai Wakapolda Jawa Barat pada 2019 lalu Wakapolda Maluku di tempat 2018.

2. Irjen Pol Ahmad Luthfi

Dua Kapolda Paling Senior di dalam Pulau Jawa, Nomor 1 Pimpin Tiga Polda Berbeda

FOTO/DOK.POLDA JATENG

Selanjutnya ada sosok Irjen Pol Ahmad Luthfi yang digunakan semenjak 1 Mei 2020 lalu ditunjuk sebagai Kapolda Jawa Tengah. Sama seperti Irjen Akhmad Wiyagus, Irjen Luthfi juga merupakan lulusan Akpol 1989.

Berbeda dengan Akhmad Wiyagus yang tersebut merupakan lulusan Akpol, Ahmad Luthfi adalah lulusan dari Sepa Milsuk Polri. Dalam riwayat kariernya, pria selama Surabaya ini sempat menjabat sebagai Kapolres Batang serta Wadir Intelkam Polda Jateng dalam 2010.

Perwira Tinggi yang digunakan lahir pada 22 November 1966 ini juga pernah menjabat sebagai Kapolresta Surakarta pada 2015, Analis Kebijakan Madya bidang Sosbud Baintelkam Polri pada 2017, dan juga Wakapolda Jawa Tengah pada 2018 sebelum akhirnya menjadi Kapolda Jateng di area 2022.

Itulah dua Kapolda paling senior yang tersebut bertugas di area Pulau Jawa. Dari sisi usia, Ahmad Luthfi tambahan tua setahun dari Akhmad Wiyagus.

Related Articles

Back to top button