Ekonomi

Erick Thohir Sasar Stasiun Kereta Pasarkan Barang UMKM Lewat Vending Machine

Liputan76 – Menteri BUMN Erick Thohir mulai menyasar stasiun-stasiun kereta api untuk menjadi lokasi vending machine atau mesin jual otomatis hasil UMKM. Nantinya, produk-produk UMKM mejeng di area di vending machine yang digunakan bisa jadi dibeli secara langsung oleh masyarakat.

Terdapat dua stasiun yang digunakan sudah pernah dipasang vending machine yaitu, Stasiun Gambir serta Stasiun Gondangdia.

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, UMKM harus dibantu lewat langkah-langkah strategis pada menguatkan sistem ekologi UMKM.

Hal ini diadakan dengan menciptakan kolaborasi yang dimaksud saling menguntungkan antara UMKM dengan BUMN, sekaligus pemberdayaan UMKM dengan memberikan ruang untuk promosi.

Baca Juga: Profil Crazy Rich Budi Said kemudian Kronologi Kasus Emas Antam 1 Ton

“Vending Machine ini beroperasi otomatis juga sanggup dipakai 24 jam penuh. Produk-produknya dari UMKM mampu dijual segera terhadap konsumen. Penumpang kereta atau warga yang mana sedang berada di tempat stasiun mampu membeli produk-produk UMKM kapan saja. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Erick yang dimaksud ingin memberikan akses lingkungan ekonomi lebih tinggi luas bagi UMKM khususnya di dalam lokasi-lokasi banyak serta strategis seperti pada stasiun kereta,” ujar Arya pada Jakarta, Mulai Pekan (22/1/2024).

Pemasangan vending machine merupakan kolaborasi antara UMKM dengan BUMN. Penempatan vending machine di dalam area stasiun didukung oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai pengelola stasiun.

Sedangkan pengelolaan juga operasional vending machine didukung penuh oleh PLN (Stasiun Gambir) serta Pertamina (Stasiun Gondangdia). Sebelumnya telah dipasang vending machine di tempat Kementerian BUMN yang tersebut didukung penuh oleh BRI.

Berdasarkan survei berjudul MSME Empowerment Report yang tersebut diadakan untuk 1.500 pelaku UMKM di tempat Indonesia pada tahun 2022, UMKM Indonesia masih mengalami kendala pemasaran. Sebanyak 70 persen UMKM kesulitan di memasarkan produknya.

Vending machine merupakan jawaban berhadapan dengan keluhan dari UMKM di pemasaran produk. Terobosan Erick Thohir ini sebagai alternatif solusi bagi pelaku UMKM dengan tujuan meningkatkan awareness, mencapai target pangsa yang mana luas, juga menguatkan product showcase dengan lebih lanjut efisien.

“Era vending machine menjadi terobosan penting pada mengupayakan biosfer UMKM di area Indonesia. Inisiatif ini tak belaka memperluas lingkungan ekonomi hasil UMKM, tetapi juga memberikan pengalaman berbelanja yang mana unik bagi masyarakat. Kami percaya kolaborasi antara BUMN dan juga UMKM melalui inisiatif Vending Machine akan memberikan dampak positif bagi UMKM,” pungkas Arya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button