Otomotif

Gibran Sebut Tesla Gunakan Nikel, Ahok Malah Bilang Begini

Liputan76 – Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka miliki pendapat yang digunakan berbeda dengan apa yang digunakan dikatakan Ahok mengenai nikel. Ia menyampaikan kalau Tesla pada waktu ini pakai nikel sebagai substansi baku baterai.

Hal ini diungkapkan di debat cawapres yang dimaksud berlangsung pada Akhir Pekan (21/1/2024). Putra Presiden Jokowi yang disebutkan melemparkan pertanyaan untuk Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Gibran menilai kalau pihak Cak Imin disebut-sebut antinikel akibat mengupayakan pemanfaatan Lithium FeroPhospat (LFP).

“Ini agak aneh ya yang tersebut seringnya (bilang) LFP timsesnya, tapi cawapresnya enggak paham LFP itu. Kan aneh, rutin bicara LFP, LFP, lithium ferrophosphate,” kata Gibran ketika debat Cawapres tersebut, usai mendengar jawaban Cak Imin.

“Tesla enggak pakai nikel, ini kan kebohongan umum mohon maaf. Tesla itu pakai nikel Pak, juga kita sekarang kita itu Indonesia adalah negara yang punya cadangan nikel terbesar sedunia,” lanjut Cawapres dari nomor urut 2 ini.

Logo Tesla. [Shutterstock]
Logo Tesla. [Shutterstock]

Pendapat Gibran ini tak sejalan dengan apa yang pernah dikatakan Ahok beberapa waktu lalu.

Eks Gubernur DKI DKI Jakarta yang dimaksud menilai kalau Tesla sudah ada mulai meninggalkan nikel.

“Saya kira salah satu masa depan itu adalah hidrogen. Kita tidak kritik tentang kendaraan listrik, sekarang Tesla, China sudah ada tinggalkan (baterai) berbasiskan nikel,” ujar Ahok pada waktu meresmikan infrastruktur stasiun pengisian unsur bakar hidrogen atau SPBH yang dibangun Pertamina pada Jakarta, Rabu (17/1/2024).

“Jadi, artinya apa? Anda harus lakukan penanaman modal yang tersebut untuk masuknya itu tinggi, entry barrier-nya tinggi, baru pemain yang digunakan lain mau ikut. Repot. Saya kira Pertamina pada hal ini akan jadi leading,” tegasnya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button