Nasional

Gibran Tetap Sopan Meski Dikeroyok Kanan Kiri, TKN Singgung Kelemahan Cawapres Lawan

Liputan76 – Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran), Saleh Partaonan Daulay menyampaikan calon duta presiden nomor urut 2 Gibran merupakan sosok yang dimaksud sangat sopan pada waktu debat keempat Pilpres 2024 dalam Ibukota Indonesia Convention Center, Akhir Pekan (21/1/2024) semalam.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengaku tak sependapat jikalau ada yang dimaksud mempertanyakan etika Gibran di debat cawapres yang dilakukan semalam.

“Kalau ada yang menyatakan etika ke Gibran, tentu bukan pas sebab pada kenyataannya Gibran sangat sopan,” kata Saleh di disitir dari ANTARA, Mulai Pekan (28/1/2024).

Baca Juga:

Gibran Diyakini Tak Asal Pilih, Jaket Naruto Ternyata Mengandung Pesan Dalam

Raffi Ahmad Puji Gibran, Nagita Slavina Melongo Tatap Suami Selvi Ananda

Sikap Mahfud MD Tak Mau Jawab Pertanyaan Gibran Disorot, Netizen Kaitkan Kisah Imam Syafi’i Berdebat dengan Orang Bodoh

Menurut Saleh, putra sulung Presiden Jokowi itu bertanya sesuai dengan topik ketika debat cawapres dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin kemudian Mahfud MD.

Saleh pun mempertanyakan apabila calon duta presiden lain meyinggung masalah etika Gibran. Ia bahkan mengatakan merekan tak mampu menjawab pertanyaan pasangan pendamping Prabowo Subianto pada pemilihan 2024 ini.

“(Gibran) bertanya sesuai topik kemudian tiada asal-asalan. Kalau ada yang tersebut tak dapat jawab, itu bukanlah berarti yang dimaksud bertanya tiada beretika. Itu hanya sekali kelemahan lawan debat yang dimaksud tiada siap,” kata Saleh.

Ia juga menyayangkan para pengguna media sosial yang tersebut mempertanyakan etika Gibran dan juga menegaskan Gibran menunjukan etika sopan santun ketika debat berlangsung.

“Kalau di dalam medsos, pagi ini yang tersebut dikejar malah mengenai etika. Padahal, Gibran itu sangat sopan: menyalami semua kandidat yang dimaksud lebih lanjut senior, menundukkan badan sebagai bagian dari rasa hormat kemudian selama debat banyak sekali memohonkan maaf jikalau ada kalimat yang tersebut salah,” katanya.

Menurutnya, sentimen terkait etika ini wajar muncul dikarenakan Gibran menunjukkan performa bagus pada waktu debat. Kata dia, Gibran menguasai materi debat dengan baik.

“Kalau mau jujur, Gibran kan dikeroyok juga kiri kanan, tetapi beliau mampu menjawab dan juga memberikan solusi menghadapi persoalan yang mana disodorkan. Dia memang benar betul-betul siap,” paparnya.

Saleh malah balik mempertanyakan etika dari calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan juga capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang mana ketika debat sebelumnya dinilai menyerang calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.

“Anies lalu Ganjar kan memberi nilai sangat rendah. Tujuannya apa itu? Ya pasti untuk menjatuhkan. Untungnya Prabowo tenang, tidak ada terpancing, dihadapi dengan sabar,” ujarnya.

KPU RI menyelenggarakan debat keempat Pilpres 2024 yang dimaksud mempertemukan para cawapres pada Mingguan (21/1). Sebelumnya, debat pertama dijalankan pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, kemudian debat ketiga 7 Januari 2024.

Tema debat keempat yang disebutkan meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, kemudian warga adat. (ANTARA)

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button