Olahraga

Indonesia Hanya Turunkan Ganda Campuran dalam German Open 2024, PBSI Ungkap Alasannya

Liputan76 – Kabid Binpres PBSI, Ricky Soebagdja mengungkapkan alasan pihaknya menurunkan delegasi di tempat sektor ganda campuran cuma pada kompetisi German Open 2024 yang mana bergulir pekan ini.

Ricky menilai, hal itu menyusul pertimbangan federasi untuk tiga pasangan ganda campuran Indonesia yang digunakan masih perlu mengoleksi lebih besar banyak poin lagi agar dapat lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris mendatang.

“Karena khususnya di tempat ganda campuran, kami telah berdiskusi sebelumnya dengan pelatih, Koh Herry (IP) untuk bagaimana mengamankan sikap (terutama) Rinov / Pitha ini seperti apa,” kata Ricky seperti diambil dari Antara, Selasa (27/2/2024).

“Jadi, (pertimbangan) menurunkan level (turnamen) tentunya kami berharap meraih poin di area situ hingga juara di tempat sana,” ucapannya menambahkan.

Adapun tiga pasangan Indonesia yang digunakan turun di area kejuaraan BWF Super 300 yang disebutkan pekan ini adalah Rinov Rivaldy / Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto / Lisa Ayu Kusumawati, dan juga Dejan Ferdinansyah / Gloria Emanuelle Widjaja.

Khusus untuk Rinov / Pitha yang tersebut merupakan pasangan ganda campuran Indonesia dengan peringkat tertinggi di area daftar Race to Olympics, mereka itu akan diturunkan pula di tempat kompetisi BWF Super 300 lainnya, Orleans Masters yang dimaksud diselenggarakan bersamaan dengan All England Open 2024, dengan harapan sanggup mendongkrak peringkat mereka itu kemudian lolos kualifikasi Olimpiade Paris.

“Nanti kita lihat progresnya hingga dua-tiga event ini sampai ke Orleans. Koh Herry (IP) juga minta berangkat untuk mendampingi Rinov / Pitha, juga semoga sesuai harapan dengan pertandingan-pertandingan yang mana telah ditentukan,” ujar Ricky.

Saat ditanya mengenai kondisi mental Rinov yang digunakan sempat tidaklah baik, Ricky mengungkapkan federasi sudah ada memberikan penanganan psikologis juga menguatkan hubungan pasangan dengan pelatih.

“Selama Race to Olympic ini ada pendampingan, ada hal-hal apa hanya termasuk Rinov ada psikolog masuk dalam sana. Jadi segala hal untuk setiap pemain, pendampingan ini terus kami jalankan,” kata Ricky.

“Khususnya Rinov (ada) pendampingan ke (setiap) kejuaraan, selama ini Koh Herry (IP) sebagai ahli utama harus mendampingi kemudian menambah kepercayaan diri pemain,” ujar peraih medali emas Olimpiade 1996 Atlanta itu menambahkan.

Ricky pun berharap, ketiga duta Indonesia di tempat German Open yang bergulir 27 Februari hingga 3 Maret nanti mampu memberikan penampilan terbaik lalu merebut lebih tinggi berbagai poin kualifikasi.

“Maka dari itu, kemarin kami kasih tahu betul-betul bahwa perlu kerja keras juga fokus ke pemainnya. Jadi betul-betul harus menjaga kondisi yang baik untuk mengejar poin,” ujar Ricky.

Related Articles

Back to top button