Lifestyle

Jauhi 5 Larangan di area Bulan Rajab, Agar Tidak Diganjar Dosa Berlipat

Liputan76 – Bulan Rajab merupakan salah satu bulan suci kemudian penuh kemuliaan bagi umat islam. Selain banyaknya anjuran untuk memperbanyak amalan baik di dalam bulan ini, ada juga beberapa larangan di dalam bulan Rajab yang pantang untuk dilakukan.

Meninggalkan berbagai larangan selama dalam bulan Rajab, tentunya akan dicatat sebagai ibadah dengan pahala berlipat. Sehingga kemuliaan bulan ini tidak ada akan dirusak oleh hal-hal yang digunakan telah lama diharamkan. 

Lantas, apa sajakah tindakan yang mana dilarang selama bulan Rajab juga bagaimana balasannya bagi orang yang dimaksud melakukan perbuatan larangan di dalam bulan mulia ini?

Larangan yang harus dijauhi selama bulan Rajab sudah pernah kami rangkum pada artikel berikut. 

1. Larangan Berbuat Zalim

Berbuat zalim merupakan salah satu tindakan yang tersebut merusak nilai-nilai kemuliaan dan juga keagungan pada bulan Rajab. Contohnya yakni ketika seseorang melakukan maksiat, meninggalkan kewajibannya pada Allah Swt, bersikap tiada adil atau semena-mena untuk sesama, melakukan tindakan kekerasan, fitnah lalu masih banyak lagi.

Siapa hanya yang tersebut melakukan perbuatan-perbuatan zalim atau perbuatan keji dalam bulan yang suci ini maka ganjarannya akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.

2. Larangan Berperang juga Berburu

Dalam ajaran islam, bertengkar kemudian berperang dengan tujuan untuk bermusuhan sangat dilarang, termasuk ketika bulan-bulan suci seperti Rajab.

Rasulullah SAW pernah mengingatkan bahwa saling bunuh-membunuh di dalam bulan suci itu merupakan dosanya tambahan besar. Maka, alangkah baiknya apabila menjaga perdamaian juga menahan diri dari amarah kemudian pertengkaran sangat ditekankan selama bulan Rajab. 

3. Larangan Melakukan Pembunuhan

Membunuh sendiri adalah tindakan dengan dosa besar dengan konsekuensi yang dimaksud sangat berat pula. Apabila seseorang melakukan tindakan ini di dalam bulan Rajab, dosa yang digunakan akan ditanggungnya menjadi sangat besar bahkan dilipat gandakan. 

4. Larangan Berbuat Kufur

Berbuat kufur adalah sikap tidak ada percaya terhadap Allah Swt lalu RasulNya. Contohnya seperti syirik dengan mempersekutukan Allah, ingkar terhadap perintah Al Quran, menghalalkan perbuatan-perbuatan haram seperti riba, zina, lalu lainnya. Sikap seperti ini tentu semata akan mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda.

5. Larangan Berbuat Maksiat

Bulan Rajab sendiri diyakini sebagai salah satu bulan yang mana suci. Untuk itu, berbuat maksiat terhadap diri sendiri atau melakukannya terhadap orang lain termasuk perbuatan berdosa yang harus dihindari pada waktu bulan Rajab.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button