Teknologi

Kamera Tercepat di tempat Dunia, Rekam Triliunan Frame per Detik

Liputan76 – JAKARTA – Para ilmuwan di tempat INRS Énergie Matériaux Télécommunications Research Centre, Kanada, menciptakan gebrakan teknologi dengan penemuan kamera tercepat dalam dunia. Kamera ini mampu merekam gambar dengan kecepatan fantastis, yaitu 156,3 triliun frame per detik (fps).

Sebagai perbandingan, kamera slow-motiom terbaik pada ponsel umumnya cuma bekerja dengan kecepatan beberapa ratus fps. Kamera sinematik profesional mungkin saja menggunakan beberapa ribu fps untuk mencapai efek yang lebih lanjut halus.

New Atlas, Rabu (27/3/2024) mengambil kemampuan kamera baru ini jarak jauh melampaui semua itu. Hal ini memungkinkan para ilmuwan untuk mengamati fenomena yang terjadi pada skala nano dengan detail yang tersebut belum pernah terjadi sebelumnya.

Teknologi canggih kamera ini disebut “swept-coded aperture real-time femtophotography” (SCARF). Kemampuannya untuk menangkap insiden yang berlangsung pada femto detik – kuadriliun detik. Sebagai referensi, satu detik kira-kira miliki femto detik sebanyak detik pada 32 jt tahun.

SCARF bekerja dengan menembakkan cahaya laser ultrashort yang dimaksud menyeberangi objek atau perkembangan yang mana ingin dipotret. Panjang gelombang yang dimaksud berbeda ini akan menangkap gambar pada waktu yang dimaksud berbeda, memungkinkan kamera untuk merekonstruksi seluruh insiden dengan detail yang mana luar biasa.

Meskipun kamera ini mungkin saja tidak ada akan digunakan untuk merekam video slow-motion balon yang mana meletus untuk konsumsi publik, SCARF memiliki prospek besar untuk memajukan berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Para peneliti percaya bahwa kamera ini dapat membantu meningkatkan pemahaman tentang fenomena fisik lalu kimia yang digunakan kompleks, seperti gelombang kejut pada material atau perilaku sel hidup. SCARF juga dapat membuka kesempatan baru pada bidang medis, seperti diagnosis lalu penyembuhan penyakit.

Related Articles

Back to top button