Ekonomi

Kisah Kasan serta Hanik, UMKM Naik Kelas yang Tembus Alfmart

JAKARTA – Kisah UMKM yang tersebut naik kelas hingga barang buatannya mampu masuk ke bidang ritel modern adalah nyata. Asam garam planet wirausaha tentu diarungi dan juga ditaklukkan untuk merasakan manisnya usaha yang tersebut dirints.

Di Kota Jember, Jawa Timur, Kasan, pada 2018 silam memulai usahanya merupakan krupuk pasir skala rumahan bernama “Krupuk Padang Pasir”.

Ia memulai kisahnya ketika tiap minggu belaka mampu mengedarkan 25 bungkus krupuk pasir.

“Saya titipkan krupuk pasir dari warung satu ke warung satu ketika itu. Laku 25 bungkus satu minggu sudah ada sangat Alhamudulillah,” akunya.

Namun, beliau terus tekun untuk melanjutkan usaha serta punya mimpi untuk membesarkan usahanya. Sekitar dua tahun, Kasan masih menggunaakan metode jual titip ke warung-warung. Hingga pada 2020, beliau mengambil langkah penting dengan mengurus semua izin yang digunakan diperlukan serta meningkatkan kualitas produksinya.

Pada 2021, usahanhya berbuah hasil. Kerupuk Padang Pasir berhasil masuk dalam Alfamart. Kebanggan baginya sebab bisa saja memenuhi standar ritel modern, sehingga membuka potensi lingkungan ekonomi yang dimaksud tambahan luas.

“Alhamdulillah, kami bisa saja suplai ke lebih besar dari 100 toko Alfamart dalam Wilayah Jember. Layanan kami pun diterima konsumen yang digunakan lebih banyak banyak lagi kemudian bermetamorfosis menjadi pilihan utama masyarakat Jember yang mana membeli krupuk ke Alfamart,” ucap Kasan.

Cerita mirip juga ada di Daerah Kendal, Jawa Tengah. Haniatus Zunaenah atau yang digunakan akrab dipanggil Hanik, memulai usahanya menghasilkan peyek kacang satu dekade berikutnya pada tahun 2014.

Hanik memulai usaha dengan menjajakan ke tiap warung-warung di dalam sekitar jalur pantura sekitar rumahnya. Tahun-tahun pertama ia rasakan cukup lancar walau transaksi jual beli tiada terlalu besar. Usaha yang mana Hanik ini pun sempat mendapat tentangan dari suami lantaran rasa cemas akan gagal pula di dalam akhir.

Namun, Hanik permanen tekun menjalankan usaha, hingga jalan sukses itu mulai terbuka sedikit demi sedikit. Pada 2022, beliau berkesempatan untuk mengikuti pembukaan kurasi hasil lokal oleh Alfamart.

Artikel ini disadur dari Kisah Kasan dan Hanik, UMKM Naik Kelas yang Tembus Alfmart

Related Articles

Back to top button