Ekonomi

Kerjasama TikTok serta Tokopedia Perluas Akses Pasar UMKM

JAKARTA – Sejumlah Anggota DPR menyambut baik kolaborasi Tokopedia serta TikTok. Kerja serupa dua sistem ke industri e-commerce ini dinilai dapat meningkatkan kapasitas kemudian akses bursa para pelaku UMKM .

“Semakin sejumlah perangkat lunak (e-commerce) ini dapat memberikan keuntungan terhadap para UMKM. Sebaiknya kita fokus memperbanyak lapak UMKM dengan membantu perkembangan e-commerce,” kata Anggota Komisi VI DPR Eko Hendro Purnomo ketika rapat di dalam DPR, dikutipkan Awal Minggu (1/4/2024).

Terlebih keberadaan fasilitas “keranjang kuning” dalam wadah TikTok, mengupayakan para mitra perniagaan berinteraksi dengan segera secara intens dengan calon pembeli. Adapun pangsa bursa tak terbatas dengan jangkauan pelanggan yang digunakan sangat luas.

Saat ini Tiktok menempati tempat tertinggi sebagai sistem yang tersebut paling sejumlah diakses pengguna. Menurut laporan “we are social”, ada sekitar 106,5 jt pengguna Tiktok pada Nusantara per November 2023, terbanyak kedua pasca Amerika Serikat (AS).

Data yang dimaksud sekaligus menunjukkan prospek platform digital Tiktok yang dapat dioptimalkan para seller untuk memperkenalkan barang dagangan. Penggunawan bergerak Tiktok merupakan target bursa yang nyata.

Melihat peluang yang mana sangat besar itu, ia menyarankan semua pihak fokus membantu UMKM untuk bermetamorfosis menjadi kampiun di platform. Misalkan mengedukasi UMKM untuk menimbulkan konten kreatif atau mengemas jualan biar cepat laku.

Dia mengingatkan TikTok lalu Tokopedia juga wadah e-commerce lainnya agar lebih lanjut mengutamakan memajang produk-produk lokal agar tambahan sejumlah dibeli. Dengan membeli komoditas lokal, pihaknya terlibat membantu meningkatkan kemandirian dunia usaha negara juga terlibat membantu menciptakan lapangan kerja ke negeri sendiri.

“Ini bisa saja memberikan maslahat untuk para UMKM lokal. Dengan adanya migrasi TikTok ini kita berharap perniagaan dalam indonesia ini lebih lanjut bagus lagi,” kata Eko.

Senada, Anggota Komisi VI DPR lainnya Luluk Nur Hamidah menyampaikan, integrasi TikTok juga Tokopedia yang hampir rampung harus memberikan khasiat dari akses kemudian perluasan bursa digital bagi pelaku UMKM lokal.

Artikel ini disadur dari Kolaborasi TikTok dan Tokopedia Perluas Akses Pasar UMKM

Related Articles

Back to top button