Kesehatan

Korupsi Pengadaan Kelengkapan Rumdin DPR, KPK: Kerugian Negara Capai Puluhan Miliar

Liputan76 – JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap nilai proyek terkait perkara dugaan korupsi pengadaan kelengkapan rumah dinas DPR RI.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyebutkan, nilai proyek mencapai banyak miliar dan juga kerugian negara ditaksir mencapai puluhan miliar.

“Kurang lebih lanjut Rp120-an miliar ya, kurang lebih lanjut nilai proyeknya. Tapi kerugian keuangan negaranya ada puluhan miliar sementara ini, sejauh ini,” kata Ali di dalam Gedung Merah Putih KPK, Rabu (13/3/2024).

Ali menyebut, pengadaan kelengkapan yang dimaksud melibatkan sejumlah perusahaan. Dalam prosesnya, diduga sejumlah aktivitas yang digunakan berlawanan dengan hukum. “Salah satu modusnya kan kemudian ada yang digunakan pinjam bendera, kemudian formalitas pada proses-proses itu,” ujarnya.

Ali menambahkan, pengadaan yang disebutkan ditujukan untuk rumah dinas yang tersebut berada di tempat dua lokasi, yakni Kompleks DPR RI Ulujami kemudian Perumahan DPR RI yang dimaksud berada di area Kalibata. “Betul-betul, jadi ada dua (lokasi),” ucapnya.

Related Articles

Back to top button