Nasional

KPK Panggil Hengki ‘Otak’ Pungli Rutan

Liputan76 – JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) menjadwalkan pemanggilan terhadap Hengki yang mana disebut-sebut sebagai ‘otak’ pungutan liar ( pungli ) di dalam rumah tahanan (rutan) KPK. Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyebutkan, Hengki akan menjalani pemeriksaan di kapasitasnya sebagai saksi.

“Hari ini (13/3) bertempat di dalam gedung Merah Putih KPK, Tim Penyidik menjadwalkan pemanggilan lalu pemeriksaan saksi Hengki (ASN/Kamtib Rutan KPK 2018–2022),” kata Ali melalui keterangan tertulisnya, Rabu (13/3/2024).

Selain Hengki, regu penyidik KPK menjadwalkan terhadap tujuh saksi lain, yakni Achmad Fauzi, Kepala Rutan KPK 2022-sekarang; Deden Rochendi, PNYD/Penugasan Pengamanan Rutan KPK; Agung Nugroho, PNYD/Staf Unit Rutan KPK; kemudian Ari Rahman Hakim , PNYD/Petugas Rutan KPK. Kemudian, Eri Angga Permana, ASN Kemenkumham/Staf Rutan KPK 2018; Mahdi Aris, Pengamanan Rutan KPK; juga Muhammad Abduh, Pengamanan Rutan KPK.

Ali belum membeberkan materi apa yang akan digali dari delapan saksi tersebut. Sekadar informasi, pada perkara pungli di tempat rutan, KPK telah lama menetapkan lebih banyak dari 10 orang sebagai tersangka. Nama yang mana telah mencuat sebagai dituduh adalah Hengki yang digunakan diketahui sebagai ‘otak’ dari terstrukturnya pungli rutan KPK.

“Hengki sudah ada tersangka,” kata Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak terhadap wartawan, Rabu (6/3/2024).

Tanak menyebutkan Hengki sudah ada tidak ada lagi bertugas di area KPK. Ia sudah ada dipindahtugaskan ke Pemda DKI Jakarta. Kendati demikian, Tanak menyebutkan pihaknya akan tetap saja memproses Hengki dengan kedisiplinan aparatur sipil negara (ASN).

“Percaya KPK masih akan memproses sesuai dengan ketentuan yang mana berlaku, sepanjang beliau memenuhi unsur-unsur langkah pidana yang mana akan disangkakan kemudian kita akan menerapkan hukum acara pidana sebagaimana diatur UU 81,” ujarnya.

Related Articles

Back to top button