Nasional

KPK Sita Aset 14 Ruko Hingga Rumah Mewah Milik Andhi Pramono, Begini Penampakannya

Liputan76 – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita beberapa harta kekayaan milik mantan Kepala Bea serta Cukai Makassar Andhi Pramono. Aset itu berada dalam Batam dan juga Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, penyitaan aset milik Andhi Pramono dilaksanakan pada 22 Februari 2024 terkait dengan dugaan aktivitas pidana pencucian uang yang menjeratnya.

“Tim penyidik telah lama selesai melaksanakan penyitaan beberapa aset bernilai ekonomis lainnya yang tersebut diduga milik terperiksa AP (Andhi Pramono),” ujar Ali lewat keterangannya yang dimaksud diterima Suara.com, Mulai Pekan (26/2/2024).

KPK sita aset belasan ruko hingga rumah mewah milik Andhi Pramono. (dok. KPK)
KPK sita aset belasan ruko hingga rumah mewah milik Andhi Pramono. (dok. KPK)

Ali merincikan, beberapa aset itu terdiri dari sebidang tanag berukuran 840 meter persegi, sebidang tanah juga bangunan, sebidang tanah berukuran 1.674 meter persegi, serta 14 unit ruko yang tersebut berlokasi di area Tanjung Pinang.

“Penyitaan ini dengan mengikutsertakan pula Kasatgas Pengelola Barang Bukti KPK Ahmad Budi Ariyanto di rangka untuk menjaga serta perawatan aset sitaan dan juga kelancaran koordinasi dengan pihak terkait lainnya,” tutur Ali.

Sejumlah harta kekayaan milik Andhi yang mana sita itu selanjutnya akan dibawa akan dibawa ke persidangan.

“Untuk dibuktikan dugaan dari hasil kejahatan korupsi dan juga TPPU sehingga dapat dirampas di rangka aset recovery,” kata Ali.

Related Articles

Back to top button