Ekonomi

Kronologi Lengkap Pesawat Lion Air JT-106 Tiba-tiba Mendarat di tempat Bandara Kualanamu

Liputan76 – Maskapai-maskapai Lion Air Group berulah lagi lalu menjadi perhatian publik. Setelah insiden pilot, sekarang ini pesawat Lion Air nomor Penerbangan JT-106 rute Surabaya-Jeddah secara tiba-tiba mendarat di dalam Bandara Kualanamu Medan, pada Mulai Pekan (11/3).

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, alasan pengalihan pendaratan atau divert ini sebab adanya inovasi waktu berlakunya NOTAM (Notice to Airmen) dari otoritas pada Sri Lanka yang mana menyatakan penutupan sementara wilayah udara di area negara tersebut.

“Pengalihan pendaratan pada bandar udara alternatif merupakan prosedur standar pada operasional penerbangan yang dimaksud bertujuan untuk memverifikasi keamanan serta keselamatan penerbangan,” ujar Danang di keterangannya yang mana dikutip, Selasa (12/3/2024).

Danang meyakinkan bahwa pengalihan pendaratan ini tidak disebabkan oleh kesulitan teknis pada pesawat.

“Sebelum mendarat pada Kualanamu, pesawat sempat melakukan holding (terbang mengelilingi) di tempat udara untuk beberapa waktu dengan tujuan menurunkan berat pesawat melalui pemakaian material bakar. Hal ini adalah langkah yang mana diambil agar pendaratan sesuai dengan limitasi pesawat (berat pesawat pada waktu melakukan pendaratan),” kata Danang.

Setelah mendarat pada Bandar Kualanamu, bilang Danang, pesawat yang disebutkan telah terjadi kembali melanjutkan perjalanannya pada Mulai Pekan (11/3) malam. Pesawat yang dimaksud telah lepas landas dari Kualanamu kemudian saat ini sedang di penerbangan menuju Jeddah.

“Seluruh prosedur yang tersebut diambil ini menunjukkan komitmen Lion Air di menjaga keselamatan penumpang dan juga kru pesawat. Lion Air menyampaikan permohonan maaf berhadapan dengan ketidaknyamanan yang dimaksud terjadi berhadapan dengan pengalihan pendaratan ini,” pungkas dia.

Related Articles

Back to top button