Ekonomi

Mahfud MD Semprot Gibran: Cabut Izin Tambang Banyak Beking Mas

Liputan76 – Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengaku siap kemudian berani untuk menyabut izin perusahaan tambang yang menyalahi aturan.

Hal yang dimaksud dikatakan Gibran merespons jawaban Calon Wakil Presiden Nomer Urut 3 Mahfud MD pada Debat Keempat Cawapres di dalam Gedung JCC, Jakarta, Hari Minggu (21/1/2024).

“impel belaka solusinya izinnya dicabut, oleh sebab itu sesuai undang-undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 3 juga 4 kemudian juga Pancasila sila ke-4 lalu 5,” kata Gibran.

Merespons jawaban tersebut, Mahfud MD pun bilang bahwa dengan mencabut izin tidak perkara yang mana mudah sebab setiap perusahaan tambang mempunyai ‘beking’ baik aparat maupun pejabat.

“Tambang ilegal berbagai mafianya. Saya telah mengirim pasukan ke lapangan, tapi disayangkan, telah putusan Mahkamah Agung itu begitu. Bahkan, KPK seminggu lalu mengungkapkan bahwa untuk pertambangan di area Indonesia, sejumlah sekali yang mana ilegal juga itu didukung oleh aparat-aparat juga pejabat,” ungkap Mahfud MD.

Permasalahan ini menjadi sorotan serius, akibat selain merugikan lingkungan serta keberlanjutan sumber daya alam, juga menunjukkan adanya kelemahan di penegakan hukum juga pengawasan di tempat sektor pertambangan.

Mahfud MD menegaskan bahwa tindakan ilegal semacam ini harus segera mendapatkan perhatian dan juga penanganan serius untuk menghindari kerugian tambahan lanjut bagi Indonesia.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button