Kesehatan

Mengenal Serangan Jantung seperti yang tersebut Dialami Donny Kesuma, Simptom lalu Pencegahannya

Liputan76 – JAKARTA – Donny Kesuma dilarikan ke rumah sakit akibat serangan jantung . Kondisinya masih belum sadarkan diri pada ruang ICU. Lalu, seperti apa penyakit serangan jantung itu?

Serangan jantung , seperti dikutipkan mayoclinic, terjadi ketika aliran darah ke jantung sangat berkurang atau tersumbat.

Penyumbatan yang dimaksud biasanya disebabkan oleh penumpukan lemak, lipid serta zat lain di area arteri jantung (koroner). Endapan lemak yang mengandung steroid disebut plak. Proses penumpukan plak disebut aterosklerosis.

Terkadang, plak mampu pecah dan juga membentuk gumpalan yang digunakan menghambat aliran darah. Kurangnya aliran darah dapat merusak atau menghancurkan sebagian otot jantung.

Jika plak pecah, bekuan darah sanggup terbentuk. Gumpalan yang disebutkan dapat menyumbat arteri, menyebabkan serangan jantung. Saat serangan jantung, kurangnya aliran darah menyebabkan jaringan di dalam otot jantung mati.

Gejala serangan jantung

Gejala serangan jantung bermacam-macam. Beberapa orang miliki gejala ringan. Yang lainnya mempunyai gejala parah. Bahkan, beberapa orang tak mempunyai gejala.

Gejala umum serangan jantung meliputi:
Nyeri dada yang tersebut kemungkinan besar terasa seperti tertekan, sesak, nyeri, diremas atau ngilu
Nyeri atau ketidaknyamanan yang tersebut menyebar ke bahu, lengan, punggung, leher, rahang, gigi, atau terkadang perut bagian atas
Keringat dingin
Kelelahan
Sakit maag atau gangguan pencernaan
Sakit kepala ringan atau pusing mendadak
Mual
Sesak napas

Wanita mungkin saja mengalami gejala yang dimaksud tidak ada lazim, seperti nyeri singkat atau tajam yang tersebut terasa di dalam leher, lengan, atau punggung. Terkadang, gejala pertama serangan jantung adalah serangan jantung mendadak.

Beberapa serangan jantung menyerang secara tiba-tiba. Namun sejumlah orang yang mana telah mengetahui tanda serta gejala peringatan serius beberapa jam, hari, atau minggu sebelumnya.

Nyeri atau tekanan di dalam dada (angina) yang mana terus terjadi serta tidaklah hilang setelahnya istirahat mungkin saja merupakan tanda peringatan keras dini. Angina disebabkan oleh penurunan sementara aliran darah ke jantung.

Kapan harus ke dokter?

Dapatkan bantuan segera jikalau Anda merasa mengalami serangan jantung. Lakukan langkah-langkah ini:
Hubungi bantuan medis darurat. Jika Anda merasa mengalami serangan jantung, segera hubungi 911 atau nomor darurat setempat. Jika Anda tak mempunyai akses ke layanan medis darurat, mintalah seseorang mengantar Anda ke rumah sakit terdekat. Berkendara sendiri belaka apabila tak ada pilihan lain.

Related Articles

Back to top button