Kesehatan

Menguatkan Mutu Hidup Lansia, Panti Werdha Tak Selalu Buruk: Hal ini Deretan Manfaatnya

Liputan76 – Status kondisi tubuh lansia, merosot seiring dengan bertambahnya usia. Banyak dari dia yang dimaksud mengalami hambatan psikis maupun fisik seperti terserang penyakit kronis juga merasa kesepian. Hal itulah yang tersebut seringkali menyebabkan pembaharuan pada kualitas hidupnya.

Untuk itulah, beberapa hal dikembangkan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia, salah satunya adalah melalui keberadaan infrastruktur panti werdha. Meski tempat ini seringkali digambarkan sebagai tempat yang digunakan menyebabkan lansia tidaklah bahagia, panti untuk lansia sebenarnya bukan setiap saat buruk. 

Pengertian Panti Werdha menurut Departemen Sosial RI adalah suatu tempat untuk menampung lansia lalu jompo terlantar dengan memberikan pelayanan sehingga merek merasa aman, tentram dengan tiada perasaan gelisah maupun khawatir pada menghadapi usia tua.

Di di lokasi ini para lansia hidup berdampingan dengan prasarana lengkap serta memadai, sehingga nyaman sebagai tempat tinggal bagi mereka. Ada berbagai kegiatan yang dimaksud dilaksanakan di dalam panti. 

Mulai dari senam, pengajian, menyebabkan kerajinan juga pemeriksaan kesehatan. Beberapa temuan menjelaskan bahwa senam lansia dapat meningkatkan kekuatan, meningkatkan keseimbangan, menambah energi, mengurangi serta menunda penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, kemudian osteoporosis, meningkatkan mood kemudian menjaga dari depresi dan juga meningkatkan fungsi kognitif atau cara kerja otak.

Demikian juga dengan hal kerohanian hingga kesenian serta kerajinan. Hal yang disebutkan dapat jadi cara yang mana menyenangkan untuk menjaga otak tetap memperlihatkan berpartisipasi yakni menghasilkan karya seni termasuk kerajinan tangan dan juga terlibat bersosialisasi dengan orang lain. Melindungi otak masih berpartisipasi merupakan salah satu cara untuk menurunkan risiko demensia atau pikun di dalam hari tua.

Lainnya adalah pemeriksaan kondisi tubuh yang mana dijalankan pada lansia adalah untuk mendeteksi dini penyakit yang digunakan diderita atau ancaman kemampuan fisik yang dihadapi lansia. Hal ini merupakan upaya pelayanan kemampuan fisik yang mana bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia.

Kegiatan Ulang Tahun Lansia pada Panti Werdha (Dok. Istimewa)
Kegiatan Ulang Tahun Lansia dalam Panti Werdha (Dok. Istimewa)

Hal yang disebutkan juga dapat ditemui dalam Panti Werdha Wisma Mulia yang mana berlokasi dalam Jl. Hadiah No. 14-16, Ibukota Barat yang tersebut menampung total 85 lansia beserta pengurusnya.

“Jumlah oma sanggup dua kali lipat dari jumlah agregat opa. Satu kamar bisa jadi ditempati 1-2 orang oma atau opa, lalu diberlakukan juga pembagian per lantai. Lantai 1 dihuni oleh oma juga lantai 2 dihuni oleh opa. Ada oma lalu opa yang digunakan baru bergabung dalam Panti Werdha Wisma Mulia, ada juga yang tersebut telah lama bergabung dalam di lokasi ini seperti oma Sumini, yaitu sejak 20 tahun lalu,’ ungkap Holda, salah satu pengurus Panti Werdha Wisma Mulia.

Untuk terus meningkatkan kualitas hidup para lansia di area panti werdha, Aquaproof menunjukkan kepeduliannya dengan berbagi kasih ke panti werdha Wisma Mulia dengan menyiapkan goodie bag, sembako dan juga keperluan lainnya yang dimaksud harapannya dapat bermanfaat.

Selain penyerahan keinginan oma juga opa, diselenggarakan pula perayaan ulang tahun yang mana biasanya dilaksanakan dengan setiap akhir bulan untuk merayakan oma kemudian opa dan juga pengurus yang berulang tahun pada bulan itu.

“Harapannya semoga oma serta opa dalam Panti Werdha Wisma Mulia dapat terus dilimpahkan kebahagiaan lalu kesehatan, lalu semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi pelaku bisnis lainnya,” tutup Vera Veliria, Marketing Communication Manager PT. Adhi Cakra Utama Mulia.

Related Articles

Back to top button