Otomotif

Mitsubishi Fuso Belum Tertarik Hadirkan Bus Besar, Kenapa?

Liputan76 – JAKARTA – Permintaan bus di dalam Indonesia semakin meningkat seiring perkembangan infrastruktur, seperti jalan tol yang dimaksud menghubungkan berbagai wilayah. Ini adalah menimbulkan pangsa bus mengalami peningkatan signifikan sepanjang 2023.

Kendati begitu, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) belum tertarik bermain dalam segmen bus besar dengan berbagai alasan. Terlebih, ketika ini Mitsubishi Fuso menjadi pemimpin pangsa pada segmen mikro bus.

Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT KTB menegaskan pihaknya akan fokus untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin bursa dalam segmen mikro bus. Hal ini akan menimbulkan pihaknya masih menjaga kualitas produknya.

“Kalau pada kelas bus ini memang sebenarnya terdapat beberapa segmen. Ada yang dimaksud bus besar kemudian mikro bus. Saat ini kami KTB masih fokus buat mengembangkan serta mempertahankan mikro bus di tempat kelas LDT,” kata Aji Jaya di tempat Ibukota Timur, Kamis (14/3/2024).

“Lagi-lagi memang benar segmen LDT ini ada enam ban serta empat ban. Sampai pada waktu ini sanggup kami ungkapkan segmen mikro bus dalam segmen enam ban kami masih jadi market leader. Sehingga kami masih fokus mempertahankan tempat ini seterusnya,” katanya.

Salah satu usaha yang mana dijalankan KTB untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin lingkungan ekonomi mikro bus adalah meluncurkan Canter Bus pada GIIAS 2023. Aji mengklaim respons pangsa untuk segmen yang dimaksud masih sangat baik.

Di sisi lain, pemasaran kendaraan niaga paling besar dalam Indonesia dalam bentuk LDT (Low Duty Truck). Tercatat, hampir 50 persen dari berbagai model terjual, sehingga bursa ini dianggap paling menjanjikan juga ini yang tersebut menyebabkan Fuso masih bermain dalam segmen ini.

Namun, Aji Jaya mengungkapkan bahwa pihaknya juga terus mempelajari pangsa bus besar yang mana pada waktu ini sedang alami peningkatan. Tapi, ia menegaskan bahwa pihaknya tak akan bermain di area segmen bus besar pada waktu dekat.

“Untuk bus besar, memang benar kalau mengawasi pasarnya terus tumbuh. Tentunya kami & prinsipal terus mempelajari tentang komoditas ini. Mitsubishi Fuso berikrar memberikan perubahan sesuai dengan perkembangan pangsa kemudian permintaannya,” ujarnya.

“Tapi kami masih fokus pada mikrobus di area segmen LDT. Market bus besar itu tidak ada lepas dari pengamatan prinsipal. Kami masih melakukan studi,” kata Aji.

Related Articles

Back to top button