Olahraga

MotoGP 2024: Marc Marquez Siap Pecahkan Lebih Banyak Rekor Bersama Gresini Racing

Liputan76 – Pembalap Marc Marquez bersiap untuk memecahkan lebih besar sejumlah rekor menyusul debutnya sama-sama kelompok satelit Ducati, Gresini Racing, pada MotoGP musim 2024.

Marc Marquez berpeluang untuk memecahkan beberapa rekor baru, mulai dari peringkat juara MotoGP yang digunakan ia raih dari dua pasukan dari pabrikan yang digunakan berbeda, hingga menggenapkan total penghargaan juara dunianya menjadi sembilan, seperti yang digunakan dimiliki oleh Valentino Rossi, Mike Hailwood lalu Carlo Ubbiali.

Marquez, yang digunakan akan membalap sama-sama adiknya, Alex, sebelumnya mengungkapkan ia belaka mempunyai tekad untuk merasakan berada di tempat podium tertinggi kemudian meraih gelar kejuaraan juara dunia lagi.

Jika ia meraih kemenangan gelar kejuaraan lagi, maka ia akan bergabung sama-sama Geoff Duke (Norton juga Gilera), Giacomo Agostini (MV Agusta kemudian Yamaha) , Eddie Lawson (Yamaha juga Honda), Rossi (Honda serta Yamaha), juga Casey Stoner (Ducati serta Honda) pada daftar atlet sepeda yang tersebut pernah menguasai kelas premier dengan dua pabrikan berbeda.

Tak hanya saja itu, apabila Marquez merebut peringkat tertinggi lagi, maka ia akan menjadi juara dunia dari pasukan satelit atau independen pertama di dalam kelas MotoGP era modern.

Lebih lanjut, jikalau Marquez berhasil meraih penghargaan juara dunia pada tahun ini, maka ia juga kembali menyamai atau melampaui rekor beberapa atlet sepeda yang dimaksud memerlukan waktu cukup lama untuk kembali mencicipi peringkat yang dimaksud selama beberapa musim.

Rossi kembali merebut gelar kejuaraan juara dunia pada tahun 2008, pasca terakhir kali memenangkannya pada 2005. Penantian tiga tahun juga dirasakan oleh Jorge Lorenzo yang dimaksud meraih juara di area tahun 2015 pasca terakhir mendapatkannya di tempat tahun 2012.

Selain itu, Stoner harus menanti selama empat tahun sejak 2007, sebelum ia merebut gelar kejuaraan lagi pada 2011 sama-sama Honda.

Sementara, Marquez terakhir menikmati kesuksesan dalam tahun 2019. Jika ia merebutnya lagi musim ini, maka ia akan menjadi peserta balap terlama yang tersebut meraihnya setelahnya lima tahun tanpa gelar.

Di sisi lain, Marquez juga miliki potensi untuk meraih kemenangan di tempat sirkuit yang digunakan belum pernah ia juarai, yakni di dalam Portimao, Red Bull Ring, Mandalika, Buddh, lalu Sokol.

Ia telah lama menang di dalam 20 sirkuit berbeda hingga pada waktu ini, sehingga dapat menyamai atau melampaui Stoner (21) serta Rossi (23).

Soal podium, 11 podium lagi akan memungkinkan Marquez untuk menyamai Dani Pedrosa dengan total 112 podium kelas premier.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button