Otomotif

Ogah Kalah dari Kuartet Jepang, Eropa Ikut Kembangkan Motor Hidrogen

Liputan76 – Pembangunan kendaraan bertenaga hidrogen ketika ini didominasi oleh pabrikan Jepang, namun sebuah aliansi Eropa tak mau tinggal diam.

Menurut Visordown, gabungan ini terdiri dari perusahaan-perusahaan manufaktur serta lembaga penelitian Ceko kemudian Jerman, termasuk universitas Jerman Fraunhofer IWU, sedang mengembangkan kendaraan beroda dua motor yang digunakan menggunakan unsur bakar alternatif ini.

Sepeda motor yang tersebut disebut sebagai ‘Hydrocycle’ ini tak akan menggunakan hidrogen sebagai substansi bakar secara secara langsung seperti konsep sport tourer hidrogen Kawasaki.

Sebaliknya, motor ini akan menggunakan hidrogen untuk menghasilkan kembali listrik melalui sel komponen bakar.

Menurut Fraunhofer IWU, kendaraan listrik sel komponen bakar (FCEV) miliki prospek untuk menawarkan jarak tempuh yang tambahan sangat dan juga waktu pengisian substansi bakar yang mana lebih besar cepat dibandingkan dengan kendaraan listrik sel (BEV), oleh sebab itu pengisian ulang tangki hidrogen FCEV membutuhkan waktu yang tersebut lebih banyak singkat dibandingkan dengan pengisian ulang BEV.

Motor konsep dengan material bakar hidrogen (Rideapart)
Motor konsep dengan substansi bakar hidrogen (Rideapart)

Meskipun sel materi bakar hidrogen sudah pernah digunakan pada kendaraan selama hampir 60 tahun, kendaraan beroda dua motor aliansi Jerman-Ceko ini akan menggunakan tumpukan sel unsur bakar generasi baru yang digunakan dikembangkan oleh perusahaan Jerman WataS Warmetauscher Sachsen sebagai dasar powertrain-nya.

Perusahaan-perusahaan Ceko yang mana terlibat, termasuk Universitas Teknik Ceko yang mempunyai pengalaman sebelumnya pada mengerjakan sepeda gowes motor dengan powertrain alternatif, berfokus untuk menjamin bodi kendaraan, ergonomi, kemudian pengemasan yang digunakan fungsional juga dapat digunakan dengan powertrain tersebut.

Konsorsium ini bertujuan untuk mempunyai kendaraan beroda dua motor fungsional yang dimaksud memenuhi standar kemudian peraturan persetujuan Eropa pada tahun 2025. Sepeda motor ini akan berfungsi sebagai demonstrasi teknologi mereka.

Karena ini merupakan eksperimen teknologi, maka tidak ada kemungkinan besar ada informasi mengenai ketersediaan atau harga jual yang mana akan diberikan.

Proyek kendaraan beroda dua motor hidrogen kedua yang tersebut melibatkan lembaga penelitian telah lama diresmikan di beberapa bulan terakhir, pasca pengumuman sepeda gowes motor sel materi bakar hidrogen MIT. Proyek Jerman-Ceko ini adalah bagian dari tren ini.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa pada waktu ini kuartet pabrikan motor Jepang, Yamaha, Honda, Suzuki lalu Kawasaki juga sedang getol untuk memanfaatkan hidrogen sebagai sumber komponen bakar alternatif.

Related Articles

Back to top button