Lifestyle

‘Perang Bintang’ pada Bursa Calon Gubernur DKI, Siapa yang Paling Berpotensi?

Liputan76 – Pencalonan Gubernur DKI Ibukota Indonesia sekarang bak ‘Perang Bintang.’ Adapun pada masa kini para tokoh besar urusan politik mulai memberanikan diri untuk muncul sebagai kandidat calon Gubernur DKI Jakarta.

Bahkan, ada sosok politisi kondang yang mana punya rekam jejak mentereng berkiprah pada Ibu Kota. Ada pula sosok eks kepala tempat yang digunakan rela ‘berhijrah’ dari Jawa Barat untuk bersiap berlaga pada Pemilihan umum Gubernur DKI Ibukota Indonesia 2024.

Lantas, siapa sekadar nama yang dimaksud masuk ke pada bursa calon Gubernur DKI Jakarta?

Ridwan Kamil lalu Ahmed Zaki Iskandar – Golkar

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Instagram/golkar.indonesia)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Instagram/golkar.indonesia)

Partai Golongan Karya melalui sang Ketua Umum, Airlangga Hartarto telah lama memberi mandat untuk dua kadernya untuk terlibat bertarung memperebutkan kursi Gubernur DKI Jakarta.

Dua sosok yang disebutkan adalah Ridwan Kamil dan juga Ahmed Zaki Iskandar. Airlangga di keterangannya di dalam Istana Kepresidenan, Hari Senin (26/2/2024) mengungkap bahwa keduanya bahkan telah lama disurati untuk mengambil bagian meramaikan kontestasi urusan politik di tempat Ibu Kota.

Bahkan, Ridwan Kamil lalu Ahmed Zaki telah dilakukan disurati berjauhan sebelum Pemilihan Umum 2024 di tempat Februari ini. Tak heran bila Airlangga mempercayai kedua tokoh yang dimaksud untuk mewakili partainya berlaga di tempat Pilgub DKI Ibukota mendatang.

Sebab, Ridwan Kamil alias Kang Emil sudah pernah menunjukkan kinerjanya sebagai kepala area dengan menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Kang Emil sudah pernah mencanangkan beberapa kebijakan seperti pembenahan transportasi rakyat lalu mengentaskan desa tertinggal dalam Jawa Barat.

Sedangkan sosok Ahmed Zaki Iskandar sudah berkiprah sebagai  Bupati Tangerang selama dua periode yakni 2013-2018 lalu 2018-2023.

Kang Emil sebagai perwakilan Golkar telah lama mulai berkampanye halus pada Ibu Kota. Beberapa titik di area Ibu Perkotaan pada masa kini tampak ada baliho Kang Emil yang tersebut berbunyi “OTW Ibukota Nih.”

Ahmad Sahroni – NasDem

Potret Ahmad Sahroni yang tersebut sekarang ini jadi ketua pengurus kompetisi Formula E DKI Jakarta 2022 [Instagram]
Potret Ahmad Sahroni yang mana saat ini jadi ketua pengurus kompetisi Formula E DKI Jakarta 2022 [Instagram]

Pihak Partai NasDem sekarang tak mau kalah serta tinggal diam dengan manuver Golkar. Adapun sosok kader NasDem, yakni Ahmad Sahroni berani mewakili partainya untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sahroni bahkan tak takut dengan sosok Kang Emil meskipun sudah pernah sejumlah berkiprah dalam Jawa Barat.

“Ridwan Kamil mau progresif Gubernur Jakarta, beliau kan OTW dari Bandung ke Jakarta, kalau gua kan udah di dalam Jakarta. Lebih mudah,” ujar Sahroni dengan sesumbar di dalam NasDem Tower, Kamis (22/2/2024).

Omongan Sahroni tentu tak salah, sebab ia sudah pernah bertandang di tempat Ibu Daerah Perkotaan sebagai Ketua Pelaksana Formula E 2022. Ia juga berkiprah sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI periode 2019–2024.

Kontributor : Armand Ilham

Related Articles

Back to top button