Teknologi

Ponsel Lipat Samsung Ganggu Dominasi Apple

Liputan76 – JAKARTA – Dominasi Apple pada segmen ponsel premium mulai terusik oleh Samsung. Hal itu berkat peluncuran ponsel lipat Samsung Fold kemudian Samsung Flip.

Berdasarkan data Counterpoint, Apple memang benar masih menguasai segmen pangsa ponsel premium di tempat 2023 dengan market share sebesar 71 persen. Namun, capaian ini turun 4 persen dari tahun 2022. “Samsung mengalami peningkatan luar biasa. Ponsel lipat buatan merek membantu perusahaan mencuri market share yang sebelumnya dikuasai Apple,” tulis Android Authority, Rabu (3/1/2024)

Secara umum transaksi jual beli ponsel pada tingkat global pada 2023 mengalami penurunan. Uniknya, jualan ponsel premium justru meningkat drastis.

Counterpoint secara khusus bahkan mengamati ponsel ultra-premium dengan harga jual belasan jt rupiah merupakan pendorong berkembangnya segmen ponsel premium. Ponsel-ponsel yang disebutkan meraih sepertiga perdagangan lingkungan ekonomi premium.

Menariknya lagi konsumen yang menginginkan ponsel premium dengan kualitas tinggi mengalami perkembangan pesat. “Mereka bersedia mengeluarkan lebih tinggi banyak uang untuk mendapatkan perangkat berkualitas tinggi yang dapat mereka itu gunakan pada jangka waktu lebih lanjut lama,” kata Varun Mishra, analis senior Counterpoint.

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button