Nasional

Profil Tiga Ketua Tim Hukum di Sengketa Pilpres 2024, Nomor 3 Lulusan Amerika

JAKARTA – Tiga ketua tim hukum sengketa Pilpres 2024 telah lama ditunjuk oleh tiap-tiap pasangan calon presiden lalu perwakilan presiden kontestan Pemilihan Umum 2024. Mereka saling berhadapan pada sidang di dalam Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebagaimana diketahui, pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, juga capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD sudah mengajukan gugatan menghadapi hasil Pilpres 2024. Selanjutnya, mereka akan berlaku sebagai penggugat atau pemohon. Sementara pasangan capres-cawapres nomor urut 2 bermetamorfosis menjadi salah satu pihak tergugat atau termohon.

Menghadapi langkah-langkah sengketa hasil Pilpres 2024, setiap-tiap kubu telah lama membentuk grup hukum masing-masing. Tim hukum ketiga paslon dipimpin individu tokoh-tokoh berpengalaman. Siapa belaka mereka?

Profil Ketua Tim Hukum Sengketa Pilpres 2024

1. Ari Yusuf Amir – Paslon 1

Profil Tiga Ketua Tim Hukum pada Sengketa Pilpres 2024, Nomor 3 Lulusan Amerika

FOTO/DOK.MPI

Tim Hukum Nasional (THN) Anies-Muhaimin dipimpin oleh Ari Yusuf Amir. Ia dikenal luas sebagai pribadi advokat senior lalu pendiri Ali Amir & Associates.

Pada latar belakang pendidikannya, Amir diketahui meraih peringkat Sarjana Hukum dari Universitas Islam Tanah Air (UII) Yogyakarta. Kemudian, ia melanjutkan lembaga pendidikan Magister Hukum ke Universitas Negara Indonesia (UI) DKI Jakarta juga mengambil acara doktor ilmu hukum ke UII Yogyakarta.

Beralih ke catatan kariernya, Ari telah cukup berpengalaman pada bidangnya. Tercatat, ia sudah ada sejumlah menangani kasus-kasus besar kemudian miliki klien tokoh-tokoh ternama.

Ari pernah berubah menjadi kuasa hukum Rizieq Shihab, eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar, eks Kabareskrim Polri Susno Duadji hingga eks KSAD Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu. Selain itu, ia juga pernah terlibat pada sengketa pemilihan kepala wilayah (pilkada) di dalam Mahkamah Konstitusi.

2. Yusril Ihza Mahendra – Paslon 2

Profil Tiga Ketua Tim Hukum pada Sengketa Pilpres 2024, Nomor 3 Lulusan Amerika

FOTO/DOK.MPI

Yusril Ihza Mahendra merupakan individu ahli hukum tata negara, advokat, politikus, juga akademisi bidang hukum di dalam Indonesia. Pria kelahiran Belitung Timur, 5 Februari 1956 ini bermetamorfosis menjadi Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran.

Pada riwayat pendidikannya, Yusril mendapat peringkat Sarjana dalam Universitas Negara Indonesia jurusan Keilmuan filsafat pada 1983. Kemudian, ia melanjutkan studi acara Pascasarjana Universitas Indonesia dengan bidang studi Hukum lalu Bidang Studi Islam pada 1983.

Artikel ini disadur dari Profil Tiga Ketua Tim Hukum dalam Sengketa Pilpres 2024, Nomor 3 Lulusan Amerika

Related Articles

Back to top button