Teknologi

Rahasia Dibalik Hits: Faktor Penentu Kesuksesan Lagu di Era Streaming

JAKARTA – Investigasi yang dirilis Spotify memaparkan tren kebiasaan musik ke Indonesia. Periset dari Monash University, Indonesia, menemukan bagaiamana algoritma musik yang tersebut populer ke era streaming seperti sekarang.

Harriman Samuel Saragih, Asisten Profesor dari Departemen Inovasi Bisnis, Monash University, Tanah Air pada studi bertajuk “Predicting song popularity based on Spotify’s audio features: insights from the Indonesian streaming users” mengumumkan ciri audio, yang dimaksud mampu didapatkan dari layanan streaming, mempengaruhi preferensi kemudian popularitas lagu di dalam Tanah Air.

Penelitian yang dimaksud melibatkan sampel acak dari 10 kota, yang terdiri dari 560 responden generasi Milenial lalu 602 responden Gen Z.

Hasilnya, berjumlah 33% generasi Milenial serta 38% Gen Z terbukti kerap kali mengeksplorasi musik baru dengan mengandalkan rekomendasi musik dari sistem streaming.

Penelitian itu juga mengungkap genre musik pop mendominasi dengan 50% preferensi, dihadiri oleh K-pop dengan hampir 15%.

“Studi ini memanfaatkan data dari Spotify kemudian memilih pengguna streaming dari Indonesi sebagai sampel yang tersebut representatif,” ujar Harriman.

Dengan menganalisis berubah-ubah atribut audio yang mana meliputi tempo, energi, serta irama yang digunakan danceable, dan juga aspek instrumental dari sebuah lagu, penelitian ini menggunakan metode machine learning untuk memprediksi popularitas sebuah lagu.

“Hasil studi menemukan pengguna streaming dalam Indonesia umumnya menyukai lagu yang fresh, happy, positive & danceable,” jelas Harriman.

Temuan yang disebutkan pun antara lain memberikan titik terang mengapa lagu ‘Seven’ yang digunakan dibawakan oleh Jungkook dari BTS dengan mudah-mudahan meraih kemenangan hati para anak muda.

Faktor yang digunakan berpengaruh terhadap popularitas sebuah lagu di dalam Tanah Air

Artikel ini disadur dari Rahasia Dibalik Hits: Faktor Penentu Kesuksesan Lagu di Era Streaming

Related Articles

Back to top button