Otomotif

Revolusioner, Kampus Swedia Rancang Desain Truk Anti Tabrakan

JAKARTA – Universitas Teknologi Chalmers Swedia memperkenalkan desain truk revolusioner yang digunakan meningkatkan keselamatan di dalam jalan raya. Desain ini menunjukkan kemungkinan mengempiskan tingkat keparahan tabrakan mobil-truk hingga 30-60 persen.

Dilansir dari Interesting Engineering, Hari Jumat (29/3/2024), per 14 November 2023, Uni Eropa (UE) menyetujui peraturan baru yang melonggarkan pembatasan panjang truk untuk meningkatkan efisiensi lalu logistik. Perubahan yang dimaksud mencakup perizinan operasional truk ‘eco-combi’ yang mempunyai panjang hingga 32 meter (sebelumnya 25,25 meter). Izin lainnyabagi truk ‘double-deck’ sepanjang hingga 25,25 meter (sebelumnya 20 meter) di seluruh negara UE.

Persyaratan keselamatan baru diperlukan untuk truk ‘eco-combi’, seperti kamera dan juga sensor, serta pengemudi harus memiliki pelatihan khusus. Rikard Fredriksson, manusia Penasihat Senior di dalam Trafikverket, mengungkapkan bahwa truk kerap terlibat pada kecelakaan fatal di jalan raya.

Meskipun truk belaka menyumbang 6% dari ukuran setelah itu lintas di Swedia, sekitar 45 warga meninggal setiap tahun di kecelakaan yang digunakan melibatkan truk besar. Untuk mengatasi kesulitan ini, pihak terkait mengembangkan standar uji tabrak truk melalui standar uji konsumen Euro NCAP pada 2030 mendatang.

Uji tabrak truk baru-baru ini menunjukkan hasil yang mana menjanjikan bagi keselamatan penumpang mobil. Desain baru truk ini menunjukkan prospek untuk secara signifikan menurunkan risiko cedera atau kematian bagi penumpang mobil di tindakan hukum tabrakan.

Dalam simulasi tabrakan pada kecepatan 30 km/jam, desain truk baru ini memunculkan deformasi kompartemen penumpang mobil yang dimaksud 40 persen lebih besar rendah dibandingkan dengan desain truk konvensional. Hal ini berarti ruang hidup penumpang terjaga lebih lanjut baik, sehingga risiko cedera serius atau kematian berkurang.

Kolaborasi antara kelompok peneliti lalu sektor otomotif di merancang bagian depan truk yang mana lebih tinggi aman merupakan langkah progresif yang digunakan signifikan di meningkatkan keselamatan pada jalan raya. Desain baru ini miliki peluang untuk merevolusi sektor truk kemudian menyelamatkan sejumlah nyawa di masa depan.

Uji tabrak truk menunjukkan bahwa desain baru ini mempunyai prospek untuk meningkatkan keselamatan penumpang mobil secara signifikan. Diperlukan lebih tinggi berbagai penelitian serta pengembangan untuk meyakinkan efektivitas dan juga penerapan desain ini pada bervariasi situasi.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan

Artikel ini disadur dari Revolusioner, Kampus Swedia Rancang Desain Truk Anti Tabrakan

Related Articles

Back to top button