Teknologi

Shigeichi Negishi Pencipta Karaoke Meninggal Planet pada Usia 100 Tahun

Liputan76 – TOKYO – Penemu mesin karaoke Shigeichi Negishi dilaporkan meninggal pada usia 100 tahun pada Kamis pada Negeri Sakura akibat usia tua, menurut putrinya.

“Negishi meninggal oleh sebab itu sebab alamiah setelahnya terjatuh,” menurut putrinya, Atsumi Takano seperti dilansir dari Japan Times, Akhir Pekan (17/3/2024).

Negishi menemukan mesin karaoke pada tahun 1967 setelahnya mendapatkan ide untuk menghasilkan mesin yang mana memungkinkan siapa pun menyanyikan lagu favoritnya kapan pun diperlukan.

Bahkan ia disebut-sebut punya kebiasaan mendengarkan acara radio Lagu Pop Tanpa Lirik setiap pagi pada Jepun yang disiarkan minus satu di area Jepang.

Hingga suatu pagi ia ditegur oleh staf perusahaan Nichiden Kogyo tempatnya bekerja akibat bernyanyi sendirian pada waktu memasuki kantor.

Ia kemudian mendapat ide untuk menggunakan rekaman delapan track siaran Lagu Pop Tanpa Lirik yang dimaksud kemudian dipadukan dengan sistem speaker, mikrofon, lalu mesin ATM.

Dengan mesin ini ia dapat bernyanyi dengan dukungan musik latar bila diperlukan.

Lagu pertama yang mana diputar di tempat mesin karaoke adalah Mujō No Yume yang digunakan populer pada Jepang.

Mesin karaoke pertama yang digunakan diproduksi oleh Shigeichi adalah Sparko Box dengan lampu berkedip di tempat bagian depan lalu meja putar delapan track yang dimaksud dapat diubah sesuai lagu yang dimaksud akan diputar.

Perkembangan teknologi karaoke terus berlanjut, kemudian diprediksi akan semakin canggih di tempat masa depan.

Teknologi baru seperti Kecerdasan Buatan dan juga machine learning dapat membuka kemungkinan baru untuk pengalaman karaoke yang dimaksud lebih lanjut personal serta interaktif.

Related Articles

Back to top button