Olahraga

Shin Tae-yong Dinilai Tidak Serius Urus Timnas Indonesia Jelang Hadapi Vietnam

Liputan76 – Penggagas Football Institute, Budi Setiawan, rupanya memantau gerak-gerik Shin Tae-yong pada mengurus Timnas Indonesia . Dia ragu ahli jika Korea Selatan itu dapat memproduksi regu nasional mengalami perubahan.

“Ya kelihatan memang benar PSSI yang mana sangat berpartisipasi untuk dapat mengalahkan Vietnam untuk dua laga ke depan di dalam Kualifikasi Piala Planet 2026. Sementara STY, kalau kita lihat pertanyaannya, justru tidaklah yakin Timnas bisa saja berbuat banyak,” ujar Budi pada keterangan pers yang tersebut diterima SINDOnews, Hari Sabtu (16/3/2024).

Budi menilai PSSI terlihat terlibat mempersiapkan pemain naturalisasi yakni Thom Haye dan juga Jay Idzes. Bahkan yang terbaru, pengambilan sumpah Nathan Tjoe-A-On menjadi WNI sampai berlangsung pada di malam hari hari.

Ini menunjukkan bahwa PSSI berjuang untuk bekerja keras memulai pembangunan Timnas Indonesia tambahan ditakuti lagi. Tidak hanya sekali dalam Asia tapi juga dunia.

“Naturalisasi (sumpah WNI) berada dalam waktu malam itu menunjukkan bahwa PSSI via Ketua umum Erick Thohir kerja keras sekali. Setelah Nathan, ada tiga pemain lain yang akan menyusul untuk pengambilan sumpah,” ujar Budi.

Lebih jauh, Budi menjelaskan kerja keras PSSI justru berbanding terbalik dengan Shin Tae-yong. Dia menilai jikalau STY tampak malas-malasan. Dia melihat, setiap saat ada alasan yang digunakan ia ungkapkan jelang pertandingan.

Salah satunya penerbangan panjang dari Eropa. “STY selalu alasan setiap kali bertanding. Kali ini alasannya adalah penerbangan yang digunakan panjang dari Eropa. Ayolah, kamu itu kan pembimbing kelas dunia, masa tak ada startegi mengatasi itu,” ujar Budi.

Melihat itu Budi mendesak agar PSSI untuk bersikap tegas pada Shin Tae-yong. Jangan terlalu memanjakan pembimbing yang disebutkan di area berada dalam ketidakseriusan yang mana ia perlihatkan jelang melawan Vietnam di tempat Kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia.

“Kalau STY tak serius menjalani Kualifikasi Piala Global 2026 bersatu Indonesia, khususnya dalam sisa laga melawan Vietnam, Filipina, juga Irak, saya pikir waktunya PSSI menunjukkan ketegasannya,” kata Budi.

Related Articles

Back to top button