Kesehatan

Silo Antisipasi Tren Industri Bidang Kesehatan

Liputan76 – JAKARTA – PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di tempat sektor layanan kemampuan fisik mengantisipasi perkembangan tren lapangan usaha kondisi tubuh di area Indonesia.

Untuk itu, SILO sudah pernah mengindikasikan 4 megatren utama perawatan kondisi tubuh di dalam Indonesia, seperti meningkatnya demografi populasi lansia, meningkatnya tingkat adopsi teknologi digital, meningkatnya kesadaran perawatan kemampuan fisik terhadap perawatan pencegahan, juga digitalisasi perawatan kesehatan.

Selain itu, Indonesia akan terus mengalami pertumbuhan pembelanjaan layanan kebugaran yang kuat selama beberapa tahun ke depan seperti yang tersebut ditunjukkan oleh CAGR sektor layanan kondisi tubuh dari tahun 2022 hingga 2030 yang mana diproyeksikan sebesar 7-8%, menurut Kementerian Kesejahteraan Indonesia.

Group pimpinan LPKR sekaligus Komisaris Utama SILO John Riady menyampaikan bahwa SILO sebagai salah satu penyedia layanan kondisi tubuh terbesar dalam Indonesia mengikuti tren yang disebutkan dan juga menghadirkan berbagai inisiatif acara klinis kuratif serta teknologi digital untuk memperkuat perkembangan lapangan usaha kebugaran di dalam Indonesia.

Seiring dengan perkembangan bursa dan juga inisiatif-inisiatif yang tersebut dilakukan, SILO juga sudah menetapkan jalur untuk mencapai tingkat perkembangan dua digit yang mana tinggi, mengungguli lapangan usaha kesehatan. Melalui inisiatif digital SILO misalnya, pasien pada melakukan pemesanan secara instan, mengantri secara virtual, hingga melakukan medical check up (MCU) pada hari yang tersebut sama. Saluran digital ini termasuk Program MySiloam, situs web Siloam, pusat kontak khusus, dan juga nomor WhatsApp khusus.

Seiring dengan meningkatnya popularitas saluran digital Siloam, jumlah total pasien yang dimaksud diperoleh secara digital juga meningkat. Saluran Digital Siloam termasuk Obrolan Langsung dan juga WhatsApp berkontribusi 21% atau sekitar 532.285 pemesanan terhadap total Kunjungan Rawat Jalan per September 2023.

SILO juga sudah pernah mengembangkan sistem umpan balik pasien digital yang tersebut disebut Siloam Online Feedback Aggregator System (SOFAS) sehingga pasien dapat memberikan umpan balik secara langsung yang mana akan diterima secara real-time oleh regu khusus. Melalui SOFAS yang diimplementasikan pada semua unit Grup RS Siloam, sekitar 80% keluhan dapat diselesaikan pada 2 jam.

Per September 2023, aplikasi mobile MySiloam telah terjadi didownload tambahan dari 2 jt pengguna. Rata-rata pengguna berpartisipasi bulanan mencapai 170.000 pasien juga rata-rata tingkat engagement lebih tinggi dari 78%. Dari sisi trafik mencapai 12 jt per bulan hingga 9M2023. Layanan perangkat lunak MySiloam mencakup rencana pertemuan dengan dokter, buku medical check up, akses personal histori medis hingga hasilnya, video telekonsultasi, hingga layanan emergensi lalu informasi RS Siloam.

Peningkatan saluran digital MySiloam turut memacu peningkatan kinerja positif SILO pada 9M2023. Untuk September 2023, SILO mencatatkan pendapatan Rp8,24 triliun, naik 21,55% dari Rp6,93 triliun per September 2022. Perinciannya, pendapatan rawat inap Rp4,73 triliun per kuartal III/2023 naik dari sebelumnya Rp3,86 triliun, kemudian pendapatan rawat jalan Rp3,51 triliun naik dari Rp3,06 triliun per kuartal III/2022. Siloam juga mencatatkan laba tahun berjalan yang mana dapat diatribusikan terhadap pemilik entitas induk Rp858,90 miliar. Laba bersih yang disebutkan melonjak 91,20% dari sebelumnya Rp449,21 miliar.

Related Articles

Back to top button