Ekonomi

Sindir Gibran Karena Cak Imin Baca Contekan, Tom Lembong Ingat Kenangan Indah Bantuin Jokowi

Liputan76 – Nama Thomas Lembong mencuri perhatian rakyat usai dirinya kerap disebut oleh Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka pada Debat Cawapres Keempat di tempat JCC, Ibukota pada Akhir Pekan (21/1/2024).

Dalam debat yang disebutkan Gibran awalnya bertanya untuk cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengenai tempat capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar terhadap nikel. Sebab, pasangan nomor urut 1 lalu pasukan suksesnya menggaungkan Lithium Ferro Phosphate atau LFP.

“Saya nggak tahu ini pasangan nomor 1 ini anti nikel atau bagiamana?” kata Gibran.

Gibran menambahkan, LFP kerap digaungkan oleh Co-Captain Timnas Amin, Thomas Lembong. Cak Imin pun menanggapi pertanyaan Gibran, namun jawaban Cak Imin tak memuaskan Gibran.

Gibran lantas menyebut, Cak Imin tak memahami LFP. Dia mengatakan, regu suksesnya melakukan kebohongan masyarakat oleh sebab itu Tesla memakai nikel, tidak LFP.

“Ini agak aneh ya, yang tersebut rutin ngomong LFP itu timsesnya, tapi cawapresnya nggak paham LFP itu apa, kan aneh. Sering bicara ‘LFP, LFP, Lithium Ferro Phosphate, Tesla nggak pakai nikel’. Hal ini kan kebohongan publik. Mohon maaf, Tesla itu pakai nikel pak,” katanya.

Gibran kemudian mengatakan, Indonesia mempunyai cadangan nikel terbesar dalam dunia. Dia mengatakan, hal itu merupakan kekuatan Indonesia.

“Jangan malah mendiskusikan LFP, itu mirip aja memasarkan hasil China Pak,” katanya.

Gibran pun mengaku heran dan juga mempertanyakan apakah Thomas Lembong tidak ada diskusi dengan cawapresnya. Dia menerangkan, LFP merupakan alternatif selain nikel.

“Saya nggak tahu Pak Tom Lembong juga timsesnya kerap nggak diskusi serupa cawapresnya. Masak cawapresnya nggak paham, aneh loh. Saya jelaskan sekali lagi, Lithium Ferro Phosphate, itu adalah alternatif nikel intinya ada negara nggak mau pakai nikel, itu loh Gus yang saya maksud, apakah Gus Muhaimin juga anti nikel seperti Pak Tom Lembong?” terangnya.

Namanya rutin disebut menciptakan Tom Lembong pun menciptakan pernyataan di area akun media sosial ‘X’-nya. Dia pun terpikirkan untuk mengingat sebuah insiden masa lalu.

Tom mencuitkan tentang ‘kenangan indah’ sambil me-quote sebuah cuitan video yang menunjukkan dirinya diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab pertanyaan pada forum Brookings Institution Amerika pada tahun 2015 silam, ketika dirinya masih menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

“Ah, the good ol’ memories…” cuit Tom disitir Mulai Pekan (22/1/2024).

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button